13 Miliar Bagun Jembatan Penghubung Antara Pekon Banjarnegara & Pekon Kanoman

0
156
Rencana Foto Jembatan Penghubung yang akan dibangun di Pekon Banjarnegara Kecamatan Wonosobo dan Pekon Kanoman Kecamatan Semaka oleh Pemkab Tanggamus pada tahun 2018 (Foto Dik)
Tanggamus Fajar-News.Com – Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyiapkan sedikitnya Rp 13 miliar lebih untuk membangun jembatan penghubung antara Pekon Banjarnegara Kecamatan Wonosobo dan Pekon Kanoman Kecamatan Semaka. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanggamus Riswanda Djunaidi melalui Kabid Bina Marga Ishak Basuki, kemarin (18/4).
Menurutnya, pembangunan jembatan penghubung antar kecamatan itu akan dilaksanakan pada tahun ini, dengan panjang jembatan sekitar 60 meter dan lebar 6 meter.
“Saat ini masih tahapan persiapan proses lelang. Kemungkinan sebelum bulan Juli nanti sudah mulai bisa dikerjakan pembangunannya,” jelasnya.
Pembangunan jembatan Banjarnegara ini, kata Ishak, akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama yaitu pekerjaan pada bagian bawah akan dilaksanakan pada tahun ini, dengan masa kontrak hingga bulan Desember.
“Sedangkan tahap berikutnya yaitu pekerjaan pada bagian atas jembatan akan dilaksanakan di tahun 2018,” ungkap Ishak.
Masih katanya, pembangunan jembatan yang terbentang diatas Sungai Waysemaka itu akan dilakukan menggunakan kontruksi rangka baja.
“Untuk bentang jembatan keseluruhan termasuk oprit yakni sekitar 70 meter. Sedangkan untuk rangka bajanya sekitar 60 meter,” terangnya.
Ditambahkannya, pembangunan jembatan tersebut memang sangat mendesak dan dibutuhkan oleh warga. Mengingat volume kendaraan menuju Kecamatan Wonosobo maupun Semaka cukup banyak, selain itu kondisi jembatan gantung Banjarnegara yang selama ini menjadi jalur alternatif warga juga sudah tidak layak.
“Dengan adanya jembatan ini kami berharap arus lalu lintas pada ruas Banjarnegara-Kanoman bisa lebih lancar, sehingga bisa berdampak pada meningkatnya perekonomian warga di dua kecamatan tersebut,” pungkasnya. (dik)