2.478 Rumah Warga Lamsel Terendam Banjir

0
138

Lamsel, fajar-news.com– Sebanyak 2.478 rumah penduduk yang ada di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) terendam banjir sejak beberpa hari lalu. Hal itu dampak dari intensitas curah hujan dan sampah yang menumpuk di saluran pembuangan air.

Dari jumlah 2.478 tersebut terbagi beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten gerbang sumatra ini, yakni sepert di Kecamatan Ketibung, Desa Tarahan sebanyak 1150 rumah, Desa rangai 1077 rumah, Kecamatan sidomulyo 58 rumah, Kecamtan Kalianda 70 rumah, Kecamatan Penengahan 131 rumah.

“Sedangkan di Kecamatan Palas ada beberapa rumah yang terendam, namun hektaran sawah dan perkebunan masyarakat banyak yang terendam akibat banjir kemarin,” ungkap Kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulan Bencana Daerah Kabupaten Lampung Selatan I Ketut Sukerta SE, Senin (3/12) kepada fajar-news.com di ruang kerjanya.

“Saya menghimbau kepada masyarakat, agar selalu waspada dengan intensitas musim hujan yang turun deras, serta senantiasa menjaga kebersihan, terutama sampah yang akan menutupi drainase saluran air dan gorong gorong,” pinta Ketut.

Di musim penghujan saat ini, hendaknya semua dapat mewaspadai dan menjaga saluran air agar tidak terjadi genangan air yang yang menyebabkab banjir.

“Tumpukan sampah yang membuat banyak daerah yang terdampak banjir akibat sampah yang di buang di sembarang tempat. Selain banyak lain material yang menghambat lajunya air,” jelasnya.

Untuk rumah yang mengalami kerusakan ada di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Katibung, Desa Rangai beberapa rumah jebol diterjang banjir sedangkan di Kecamatan Penengahan ada dapur rumah penduduk yang tergerus air.

“Sampai saat ini kita masih menginventarisir semua kerusakan yang terjadi, sehingga baik kerugian yang di taksir maupun yang di berikan pemerintah setempat dapat terakumulasi dengan tepat,” pungkasnya.

Penulis : Dra