Dua Hektar Perkebunan di Palas Ludes Terbakar

0
7

Palas, fajar-news.com– Kurang lebih Dua Hektare perkebunan yang afa di Dusun Pelabuh Desa Sukaharja Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) habis terbakar, Kamis (3/10).

Menurut Ahmad warga Dusun Pelabuh Rt 02 kebakaran ini terjadi jam 12 siang. Awal mula kebakaran akibat ada yang sengaja membakar bekas tanaman jagung di area perkebunan dan api cepat merambat karena rumput di perkebunan tersebut banyak yang kering.

“Untung saja kebakaran ini segera ketahuan kalau tidak, mungkin api sudah merayap ke rumah-rumah warga,” ujar Ahmad.

Dengan adanya terjadi kebakaran tersebut, beberapa tanaman sawit milik warga mati, seperti jeruk dan sawit.

“Kelapa sawit yang kebakar kurang lebih 10 batang, untungnya kami segera memadamkan apinya,” ujarnya

Warga setempat yang di bantu oleh salah satu anggota TNI-AD mampu memadamkan api walaupun hanya menggunakan alat seadanya, dan proses pemadaman api membutuhkan waktu 4 jam.

Salah satu warga pemilik perkebunan jeruk, menyayangkan dengan adanya musibah tersebut. Bahkan ia merasa jengkel, dengan oknum petani yang membakar sampah atau bekas tanaman diarea perkebunan yang mengakibatkan kebaran tersebut.

“Kalau sudah begini mau bagaimana lagi, kan yang rugi para petani yang bersebelahan saat melakukan pembakaran bekas tanaman atau sampah,” cetus Subatin pemilik perkebunan jeruk.

Penulis : Ari
Editor : Gus

Komentar Pembaca