Kelompok Perikan Mina Bangun II Mangkrak 7 Tahun

0
7

Palas, fajar-news.com– Kelompok perikanan Mina Bangun II di Dusun Sukabangun Desa Sukamulya Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tahun 2012 menerima bantuan dari pemerintah sebesar Rp 65 juta untuk budidaya ikan lele sudah tujuh tahun mangkrak.

Ketua Kelompok perikanan Mina Bangun II, Tumin berdalih tidak berjalannya kelompok perikanan yang dibiayai oleh pemerintah tersebut akibat faktor kemarau pada tahun 2014. Dan hal tersebut yang mengakibatkan pengelokaan perikanan ikan lele terhenti.

“Pertenakan ikan ini tidak berjalan karena pada tahun 2014 di hantam kemarau selama 7 bulan, yang mengakibatkan kolam kering dan retak,” ujar Tumin, Jum’at (4/10).

Ia juga mengatakan, selain faktor dari kemarau yang melanda, pakan yang mencapi Rp 10 ribu per kilogram serta peminat terhadap ikan lele yang kurang dan harga hanya Rp14 ribu.

“Jangankan untuk mengairi kolam untuk mandi saja waktu itu kami kesusahan gara-gara kemarau panjang itu dan itulah penyebab perternaakan ikan dikelompok kami tidak berjalan lagi,” terangnya.

Sejak kemarau pada tahun 2014 pihaknya mengatakan pertenakan ikan di tempatnya sudah tidak berjalan lagi.

“Dan untuk kedepanya kami akan mengajukan proposal lagi supaya pertenakan ikan tempat kami dapat bantuan dan dapat berjalan lagi,” harapnya.

Pihaknya juga mengatakan selain di beri bantuan dana oleh pemerintah kelompok ikan Mina Bangun II mau diberi bantuan mesin penggiling pakan tapi tidak diterima karena pertenakan ikan sudah tidak berjalan lagi.

Sementara, dari kelompok perikanan Mina Bangun II yang enggan disebutkan namanya, berharap kedepannya dilakukan pembenahan dari kepengurusan kelompok tersebut.

“Kita berharap program itu dapat berjalan kembali. Tapi kita rombak dulu kepengurusannya, kalau tidak dirubah apakah bisa berjalan,” cetusnya.

Penulis : Ari
Editor : Gus

Komentar Pembaca