DAALS Audensi Dengan Plt. Bupati Lamsel

0
25
Ketua umum DAALS H. Andi Azis SH bersma Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto, Rabu (30/10). foto : farida DAALS

Lamsel, fajar-news.com– Forum Dewan Anak Adat Lampung Selatan (DAALS) audensi dengan Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto di rumah dinas. Dalam audensi tersebut forum DAALS akan bersinergi dalam pembangunan dan kemajuan Lamsel.

“Kami disini mengucapkan banyak terimakasih. Sebab,Lamsel saat ini masih kondusif, tentunya dengan adanya forum DAALS ini diharapkan untuk dapat sinergi dalam kemajuan Lamsel,” ujar Kepala Sekretariat DAALS Temenggung Sofyan, Rabu (30/10).

Dia menambahkan, adanya forum DAALS tersebut bukan untuk jagoan-jagoan tapi diharapkan ada manfaatnya untuk bersinergi dalam pemerintahan daerah. “Disini semua unsur pimpinan adat kami satukan. Tujuannya yakni untuk silahturahmi dengan Plt. Bupati dan kedepannya ada manfaatnya,” tambahnya.

Dirinya juga menyinggung mengenai Kabupaten Lamsel merupakan kbaupaten tertua namun masih tertinggal dengan kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Lampung. “Dengan adanya forum ini, kabupaten Lamsel akan lebih maju dan lebih baik lagi,” kata Temenggung.

Hal senada dikatakan oleh Zulfizar Bendahara DAALS, ia bahkan memperkenalkan jajaran DAALS dan juga menceritakan sejarahnya serta legalitas berdirinya forum DAALS tersebut. Ia menjelaskan visi dan misi forum DAALS yakni untuk mengangkat kearipan lokal yang ada di Lamsel. Sebab Lamsel ada lima marga dan kesemuanya Sai Batin.

“Disini juga kami menyampaikan akan melaksanakan Deklarasi berdirinya forum DAALS ini. Dan berencana akan mengundang masyarakat sebanyak seribu orang,” jelas Zulfizar.

DAALS juga berencana membangun badan usaha dan Koprasi. Tentunya itu akan dilaksanakan oleh bidangnya yakni bidang perekonomin dan juga bidang usaha.

Ketua umum DAALS H. Andi Azis SH, menjelaskan secara rinci terkait terbentunya forum DAALS yakni untuk pemersatu suku yang ada di Lamsel seperti jawa, cina, batak, padang dan lainnya dan berusah untuk merangkaul semua tokoh-tokoh suku tersebut.

“Tujuannya adalah untuk meredam adanya gesekan-gesekan antar suku. Tentunya, bagaiman caranya agar persoalan tersebut tidak melebar,” ujarnya.

Andi juga mengatakan, bagaiman caranya agar menarik para investor agar dapat berinvestasi di Lamsel yakni dengan daerah yang kondusif, perizinan dari pemerintah daerah yang cepat dan tentunya hal tersebut mendorong kemajuan pembanguan di Lamsel.

“Tentunya support dari pemerintah daerah yang utama dalam kemajuan Lamsel. Hal itu yang menjadi Kabupaten Lamsel sebagai kabupaten tertua tidak ketinggal lagi mengenai kemajuan dan pembanguan,” katanya.

Andi berharap agar pemkab Lamsel dapat bersinergi dengan DAALS demi kamajuan Lamsel.

Sementara itu, Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto mengapresiasi dengan terbentunya DAALS tentunya Lamsel akan lebih baik. Sebab, dirinya tidak mampu sendiri dalam menjaga dan membangun Lamsel tanpa dukungan dari eleman masyarakat. “Mudah-mudahan dengan terbentunya forum DAALS ini bagian dari sila ketiga yakni persatuan indonesia dan khusunya di Lamsel,” kata Nanang.

Nanang menambahkan, dengan adanya persatuan tentunya dapat mencapai sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia dan tentunya dibutuhkan kekuatan seperti terbentunya elemen masyarakat dengan kebersama, kegotong royong dan kesatuan apa yang dicita-citakan bersama akan tercapai.

(redaksi)