Empat Kecamatan Bakal Menerima CSR Dari PT. SERB

0
7
PT. Supreme Energy Rajabasa (SERB) saat menggelar stakeholder meeting, di Negeri Baru Resort Kalianda, Kamis (7/11).

Lamsel, fajar-news.com– Empat Kecamatan yang ada di seputaran Gunung Rajabasa Lampung Selatan (Lamsel) bakal menerima program Corporate Social Responbility (CSR) dari PT. Supreme Energy Rajabasa (SERB). Pasalnya, CSR merupakan kewajiban bagi perusahaan untuk kepentingan umum.

Pernyataan tersebut diungkapkan Manager Business Relation PT. SERB, Ismoyo Argo, saat menggelar stakeholder meeting, di Negeri Baru Resort Kalianda, Kamis (7/11). Pihaknya bakal menyalurkan CSR di empat kecamatan yakni Kalianda, Rajabasa, Penengahan dan Bakauheni.

“CSR yang disalurkan lebih prioritas kepada kepentingan umum, yang dapat dikelola oleh masyarakat secara berkelanjutan. Meski kami belum operasi, tapi kalau CSR wajib kita programkan,” ujar Ismoyo.

Pihaknya belum bisa menentukan bentuk CSR yang akan disalurkan. Sebab, desa yang akan menjadi sasaran CSR tentunya harus bermusyawarah terlebih dahulu. Dan CSR tahun depan harus benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Maka itu perlu adanya perencanaan yang matang, agar program ini dapat berkelanjutan. Setelah masyarakat bermusyawarah apa yang menjadi kebutuhan mereka, nantinya akan disampaikan ke kita (PT. SERB, red),” lanjutnya.

Pihaknya juga telah menyusun konsep praktek CSR. Yakni, berdasarkan sumber daya lokal, berdasarkan komunitas dan kebutuhan, pemberdayaan ekonomi serta program berkelanjutan yang partisipatif.

Selain itu, PT. SERB juga telah membentuk struktur komite penyaluran CSR. Dimana, komite ini dibuat untuk menjembatani antara kebutuhan perusahaan dan masyarakat di sekitar lokasi proyek. Sehingga, diharapkan akan tercipta keseimbangan kondisi, yang tujuan akhirnya adalah tercapainya kondisi yang kondusif bagi perusahaan dan masyarakat sekitarnya.

Didalam struktur itu, juga terdapat keterlibatan empat Camat (Rajabasa, Kalianda, Penengahan dan Bakauheni) dan Pangeran lima Marga Saibatin, sebagai penasehat. Sedangkan, keanggotaannya di isi oleh perwakilan Kepala Desa (Kades) dari empat kecamatan tersebut sebanyak 5 orang. Masa bakti Komite selama 1 tahun. (redaksi)

Komentar Pembaca