Nyaris Pemukiman Warga Palas Ikut Terbakar

0
25

Palas, fajar-nes.com– Akibat warga membakar bekas tanaman jagung mengakibatkan lahan kurang lebih satu hektar ludes kebakar di Dusun Rajawali Desa Mekarmulya Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at (8/11).

Kebakaran tersebut sontak membuat warga setempat berhamburan keluar rumah. Pasalnya, lokasi kebakaran dekat dengan pemukiman warga. Menurut Agus warga setempat menjelaskan kepada media ini, diduga asal muasal kebakaran tersebut akibat dari warga yang membakar sampah bekas tanaman jagung pada pukul 15.00 wib.

“Karena kondisinya angin kencang, api yang tadinya dikira sudah padam. Namun, menyala kembali pukul 17.30 wib,” ujar Agus.

Dia menambahkan, selain angin yang kencang area sekitar seperti rumput kondisinya kering. Dan hal itu yang mengakibatkan api cepat menyambar area perkebunan yabg dekat dengan pemukiman penduduk.

Sementara Kepala Desa Mekarmulya Rasiwan membenarkan bahwa di wilayahnya, telah terjadi kebakaran lahan milik warganya.

“Semua warga bahu membahu berusaha memadamkan areal lokasi kebakaran, serta telah menghubungi pihak pemadam kebakaran (Damkar) dari kabupaten yang cepat datang, akhirnya kebakaran lahan tersebut dapat di atasi,” pungkasnya. (Dra)