Dikukuhkan Sebagai Pengurus DPD GUPPI Lampung Selatan, Winarni Harap Perempuan Dapat Berkiprah dan Memajukan Dunia Pendidikan Islam

0
5

KALIANDA – Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto hadiri pengukuan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Usaha Pembaruan Pendidikan Islam (DPD GUPPI) Kab. Lampung Selatan Masa Periode 2020 – 2024 dan Seminar Peningkatan Peran Wanita GUPPI Bagi Pendidikan Karakter Anak di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, Sabtu (04/01/2020).

Berdasarkan Surat Keputusan DPP GUPPI No. 07/DPP-GUPPI/SK/X/2019 Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gabungan Usaha Pembaruan Pendidikan Islam (GUPPI) Prof Dr. H. Imam Tholkhah mengukuhkan Hj. Winarni Nanang Ermanto dan 46 orang lainnya sebagai Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) GUPPI Lampung Selatan masa bakti 2020 – 2024.

Pada Kesempatan itu Ketua Wanita GUPPI Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto yang baru saja dikukuhkan menyampaikan dalam sambutannya Pendidikan wanita Islam pada saat ini sangatlah perlu untuk ditingkatkan dalam rangka persamaan hak memperoleh pendidikan dalam segala bidang.

“Dengan telah dikukuhkannya kami selaku pengurus Wanita GUPPI, maka kami bertekad untuk mewujudkan kesetaraan wanita dalam memperoleh haknya untuk berkiprah dan memajukan dunia pendidikan Islam di Kabupaten Lampung Selatan, hingga tidak ada lagi wanita yang tidak memperoleh pendidikan secara baik dan keterbelakangan ilmu pengetahuan”, Ujarnya.

Winarni juga menyampaikan agar Peran Wanita GUPPI diharapkan memiliki beberapa progam keagamaan, dalam rangka membina dan membimbing peserta didik untuk lebih mengenal Islam secara luas, dan nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gabungan Usaha Pembaruan Pendidikan Islam (GUPPI) Prof Dr. H. Imam Tholkhah berharap agar Lampung Selatan dapat menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya kususnya dalam kepengurusan GUPPI.

“Saya terharu di lampung selatan pelantikan GUPPI dapat berjalan dengan baik, saya berharap bahwa lampung selatan memiliki role model sendiri dan dapat menjadi contoh kabupaten/kota lainnya, karena memang tantangan GUPPI pada masa sekarang berbeda dari 50 tahun yang lalu”, Ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan kepengurusan DPD GUPPI yang baru dapat terus membantu dan membina para guru untuk bekerja dan meningkatkan prestasinya dan menjadi Tenaga Pendidik yang Profesional.

Nanang juga menyampaikan Kegiatan Seminar Peningkatan Peran Wanita GUPPI bagi pendidikan karakter anak merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan peran wanita di bidang pendidikan khususnya dalam pendidikan karakter anak.
Nanang berharap peran kaum wanita dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik harus dimulai dari lingkungan terkecil dalam masyarakat yaini keluarga.

“Saya berharap Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI) ini, diharapkan dapat berpikir kritis, inovatif, kreatif, berkomunikasi efektif dan kolaboratif dalam membentuk pendidikan karakter anak”, Ucapnya.

“Oleh karena itu, melalui terselenggaranya kegiatan ini, mari kita bersama-sama meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab bersama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan karakter anak”, Pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan Seminar Nasional Wanita GUPPI Lampung dengan Narasumber Pendidikan Karakter Perspektif Islam Oleh Prof. Dr. Nurhayati Djamas, Masalah Pemberdayaan Keluarga dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Anak Oleh Dr. Kustini dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Madrasah Oleh Dr. Iyoh Mastiyoh. (Rk Kominfo)