23 Desa Terancam Pengurangan DD Tahun 2019

0
177
foto; Ilustrasi (net)

“Saya berharap semua Kepala Desa yg belum menyelesaikan pengajuan pencairan dana desa (DD) tahap ke 3, untuk sesegera mungkin pengajuannya,” jelas Kabid Pemerintah Desa Kabupaten Lamsel, Choirullah SE.,MM., Jum’at (23/11) melalui telp selulernya.

Lamsel, fajar-news.com– Sebanyak 23 desa yang ada di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) bakal terancam dana desanya berkurang padda tahun 2019. Pasalnya, hingga sekarang ini berkas pencairan tahap ke-3 belum sama sekali masuk verifikasi.

Apabila sampai tidak ada pencairan DD tahap ke-3 di tahun ini, maka untuk di tahun 2019 pencairannya akan berkurang, akibat hangusnya dari tahapan pencairan di tahun 2018. “Itukan sudah ada peraturannya yang berlaku seperti Peraturan Menteri Keuangan No. 225 tahun 2017 tentang daerah dan dana desa (DD),” ungkap Choirullah.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sudah 192 desa yang telah mencairkan DD tahap ke-3, sedangkan 38 desa masih dalam proses serta 26 desa yg sampai hari ini baru siap di ajukan dan 23 sisanya masih belum melengkapi proses pengajuan pencairan dana desa tahap ke-3.

Disinggung terkait dari beberap desa yang masih belum bisa mengajukan pencairan dana tersebut, terkendala proposal pencairan DD tahap 3, belum mengumpulkan Anggaran Belanja Desa (APBedes) Perubahan tahap ke 2.

“Serta laporan realisasi penyerapan output DD tahap ke-2 dan pencapainnya,” pungkas Choirullah.

Penulis : Dra.