Akui Tidak Ada Pembinaan Pokdarwis

0
109
Kadis Pariwisata Lamsel, Yuda Sukmarina. (foto; Agus Sriyanto)

Lamsel, fajar-news.com– Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mengakui tahun 2018 tidak ada pembinaan terhadap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kecamatan Kalianda, Rajabasa dan Bakauheni.

Hal tersebut dikatakan Kadis Pariwisata Yuda Sukmarina, bahwa pihaknya sudah mendata Pokdarwis yang ada di Lamsel dan memberikan izin kurang lebih sebanyak 42 Pokdarwis, mulai izin pengelolaan wisata tepi pantai, air terjun dan lainnya.

“Saat ini, kami belum bisa berbuat banyak hanya sebatas memberikan izin saja,” ujarnya, kepada www.fajar-news.com, Selasa (6/11).

Saat disinggung, minimnya pembinaan dari Dinas Pariwisata terhadap Pokdarwis yang ada di tiga kecamatan tersebut bahkan banyak yang mengeluh atas peran instansi terkait.

“Tahun ini (2018), memang tidak memberikan pembinaan karena terbentur dengan tidak adanya anggaran,” jelasnya

Yuda memastikan, tahun depan pihaknya dapat melakukan pembinaan dan sosialisasi terhadap Pokdarwis. “Tahun depan sudah kita anggarkan, jadi program tersebut dapat berjalan,” katanya.

Dirinya juga memaparkan kedepannya pihaknya akan melakukan sosialisasi dan pembinaan seperti arahan Plt. Bupati yakni satu desa satu destinasi wisata.

“Kita akan mengarahkan kepada Pokdarwis untuk tata cara mengelola, memajukan destinasi wisata yang ada di desa setempat,” terangnya.

Penulis : Agus Sriyanto