Antisipasi Tsunami, Bupati Tanggamus Keluarkan Surat Himbauan

0
302

 

TANGGAMUS, fajar-news.com– Pemerintah Kabupaten Tanggamus memberikan himbuan antisipasi tsunami melalui surat resmi tertanggal 28 Desember 2018.

Himbauan itu disampaikan berdasarkan rekomendasi dari kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat.

Himbauan sesuai surat bernomor 005/10570/46, tanggal 28 Desember 2018 diterima Humas Polres Tanggamus / Polres Tanggamus dan ditandatangani langsung Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani disampaikan kepada Camat Kelumbayan, Cukuh Balak, Limau, Kota Agung Timur, Kota Agung Pusat, Kota Agung Barat, Wonosobo, Semaka dan Pematang Sawa.

Adapun himbauan tertulis 5 item meliputi, pertama; kepada seluruh masyarakat kabupaten Tanggamus di wilayah pesisir pantai untuk dapat menjauhi atau menghindari zona pesisir pantai 500 m – 1 km sampai batas waktu yang ditentukan.

Kedua; kepada seluruh camat tersebut agar meneruskan himbauan ini kepada lurah/kepala pekon agar diteruskan kepada seluruh masyarakat.

Ketiga; kepada para camat agar mempersiapkan lokasi pengungsian dengan menggunakan fasilitas pemerintah dan fasilitas umum lainnya

Keempat; untuk masyarakat diwilayah pantai diharapkan tenang dan jangan mempercayai isu-isu tentang erupsi Gunung Anak Krakatau yang akan menyebabkan tsunami sebelum ada informasi dari lembaga resmi pemerintah yang berwenang baik itu BPBD/Camat/Aparat Pekon dan Kelurahan.

Dan kelima terakhir, untuk perkembangan lebih lanjut akan kami informasikan kembali. Demikian untuk dapat ditindak lanjuti.

Surat tersebut juga menembuskan Gubernur Lampung dan Forkopimda Tanggamus. (*)