Apresiasi Pelayanan Disnakertans Lamsel Bagi Pencaker

0
166

Kalianda Fajar-news– Sampai saat ini pendaftaran masyarakat untuk pembuatan kartu pencari kerja (kartu  kuning) di semeter kedua (II) tahun 2019 telah mencapai  1209 (seribu dua ratus sembilan ) orang yang terdiri pencaker laki – laki sebanyak 800 orang dan perempuan  409 orang.

Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Selatan Hermansyah Hamidi MT, Senin (24/6) di ruang kerjanya, semua pembuatan kartu pencari kerja  (Pencaker)  dapat terlayani semaksimal mungkin.

“Apalagi pelayanan  tersebut sudah dapat di lakukan secara online, sehingga kemudahan dan  akeses bagi para pekerja di Kabupaten Lampung selatan, dapat melalui jaringan media resmi yang terkoneksi  ke semua perusahan yang membutuhkan tenaga kerja ,” ujar  Hermansyah Hamidi.

Lebih lanjut dia mengatakan,  pembuatan kartu pencari kerja  (pencaker) saat ini tidak ada pungutan biaya ( Zero Cost). “Sehingga  para pencaker dapat langsung akses diman tujuan tempat kerja sesuai dengan tingkat pendidikan dan jurusan yang dimiliki oleh pencaker,” ucap eks  Kadis PU itu.

Sementara itu Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan kerja  Syafik solah SE, M. Kes mendampingi  Kadis Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, sebenarnya sistim pembuatan kartu pencari kerja  pelaksanaanya sudah sejak tahun 2016. “Namun dalam kurun 3 tahun ini terjadi kerusakan server pusat menjadikan kendala di dalam pembuatan secara  online baru dapat di perbaiki di tahun ini,” ucapnya.

Dia berharap kepada perusahaan yang ada di Lampung Selatan untuk dapat meninformasikan kepada dinas terkait didalam penerimaan bagi para pencari kerja, sehingga tujuan dan pantauan yang akan di tuju oleh para pencaker dapat mudah di akses.

“Apalagi  saat ini pengawasan  tenaga kerja sudah tidak berada di kabupaten setempat , yang saat ini telah menjadi kewenangan pihak Dinas Tenaga Kerja  dan Transmigrasi Propinsi Lampung,” ungkap Syafik Solah.

Penulis : Rayendra