Bakti Sosial, Personel Polres Tanggamus Donor Darah

0
23

Tanggamus, fajar-news.com – Dalam rangka operasi Aman Nusa II, Puluhan personel Polres Tanggamus mengikuti bakti sosial donor darah yang diselenggarakan di Aula Paramasatwika Mapolres, Senin (13/4/2020).

Donor darah dipimpin langsung Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM, pejabat utama, anggota dan ASN Polres, Kapolsek Jajaran dan perwakilan anggotanya. Sementara, petugas PMI berasal dari UPP PMI Bandar Lampung.

Wakapolres mengatakan, donor darah dilaksanakan sesuai arahan pimpinan seiring dengan menipisnya stock darah di PMI Lampung. Sehingga pihaknya menggelar donor dalam yang juga mendukung Operasi Aman Nusa II Krakatau 2020.

“Pesertanya, para pejabat utama, anggota Polres, lalu Kapolsek jajaran bersama 6 perwakilan Polsek,” kata Kompol MN. Yuliansyah didampingi ketua tim PMI Dokter Desla dan Urusan Kesehatan Polres Tanggamus mewakili Kapolres AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM usai kegiatan.

Atas donor darah anggota Polres Tanggamus itu, Wakapolres berharap darah yang didonorkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dan dapat membangkitkan rasa kebersamaan dan tolong menolong diantara sesama mahluk Tuhan.

“Mudah-mudahan darah yang didonorkan bisa berguna bagi teman-teman yang membutuhkan serta menjadi ladang ibadah anggota Polres Tanggamus,” pungkasnya.

Ditempat sama, Dokter Desla mengungkapkan, bahwa dalam pademi covid-19 pihaknya menambah prosedur teknis pengambilan darah meliputi awal pendonor wajib cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh.

Kemudian saat mendatakan beberapa rangkaian juga dengan menerapkan phyisical distancing (menjaga jarak), lalu setelah pendonor dinyatakan layak kemudian baru dilaksanakan pengambilan darah.

“Sebelum pemeriksaan kesehatan pendonor, wajib cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh baru di sini kesehatannya diperiksa apakah layak atau tidak mendonorkan darahnya,” ungkap Dokter Desla usai kegiatan.

Sambungnya, sejumlah darah hasil donor juga tidak langsung digunakan sebab juga dilaksanakan pemeriksaan lanjutan di laboratorium PMI dan apabila ada darah yang tidak layak maka akan dimusnahkan.

Kesempatan itu, Dokter Desla mengapresiasi Polres Tanggamus yang telah menggelar donor darah. “Kami sangat mengapresiasi sekali kegiatan donor darah disini. Terima kasih kepada bapak Kapolres yang telah menyediakan tempat dan menyiapkan personel yang juga tertib dan antusias. Kebetulan stok darah PMI sedang menipis,” tandasnya.

Sementara salah seorang pendonor asal Satresnarkoba Polres Tanggamus Briptu Cessa Pratiwi mengaku senang atas pelaksananaan donor darah tersebut, pasalnya memang ia secara rutin donor darah.

“Enak sih kita bisa mendonorkan darah. Saya sendiri rutin setiap 3 bulan sekali,” kata Polwan tersebut.

Briptu Cessa berharap, semua yang hadir dapat mendonorkan darah sebagai upaya membantu kemanusiaan bagi orang yang membutuhkan. (Fzr)