BPKP Lampung Apresiasi Way Kanan Yang Berhasil Raih WTP 8 Kali Berturut-Turut

0
122

 

Waykanan, fajar-news.com– Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M didampingi Wakil Bupati DR. H. Edward Antony, M.M dan Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.I.P menerima Kunjungan Kerja Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Lampung Kisyadi dan jajaran BPKP di Kabupaten Way Kanan, Kamis (27/12/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Raden Adipati Surya menyampaikan dalam rangka mewujudkan visi pertama kali yang dilakukan adalah meletakkan pondasi yang kuat dengan pembenahan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dengan membenahi pelayanan administasi kependudukan, optimalisasi pelayanan izin lokai dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu, peningkatan kualitas ASN dengan melaksanakan assessment, leleng jabatan, dan pembenahan disiplin aparatur, penataan kelembagaan melalui penataan SOTK dan tupoksi, untuk kelembagaan kampung, telah dilaksanakan pemilihan kepala kampung serentak sebanyak 2 kali, sebagai upaya peningkatan kualitas aparatur kampung baik administrasi kampung maupun pengelolaan dana kampung.

“Persoalan mendasar lain yang perlu penanganan serius adalah kualitas pelayanan insfrastruktur jalan yang belum memadai untuk membuka akses perekonomian dan mempercepat pembangunan, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia yang merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan suatu daerah, selain itu persoalan pembangunan Sumber Daya Manusia adalah kemiskinan dimana pada tahun 2017 menurun 14.06% dari 14,61% di tahun 2015 sehingga Way Kanan dapat berkontribusi positif terhadap penurunan angka kemiskinan di Provinsi Lampung”, ujarnya

Dari sisi pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia masih lanjut Bupati muda kelahiran IPDN Djatinangor Jawa Barat itu, dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata – rata sekolah. Sementara dari sisi kesehatan terus diupayakan peningkatan umur harapan hidup melalui peningkatan pelayanan kesehatan baik melalui Puskesmas maupun RSUD.

“Disampaikan juga bahwa disisi perekonomian kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB masih cukup besar mencapai 36,37%, dimana untuk tanaman pangan saat ini tanaman padi dan singkong merupakan komoditas unggulan. Sedangkan dari sektor perkebunan tanaman karet, kopi, lada, sawit, dan tebu. Dari sektor industri pengolahan juga mulai berkembang dengan baik di Kabupaten Way Kanan dengan kontribusi terhadap PDRB sudah mencapai 22,75%. Sedangkan untuk, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif juga menjadi perhatian serius kami, dengan terus mendorong pemberdayaan linmas dan masyarakat Selain itu upaya mengurangi dampak kerusakan lingkungan juga menjadi prioritas kami”, lanjut Bupati yang akrab disapa Adipati itu

Ditempat yang sama, Sekda Saipul mengatakan bahwa kunjungan kerja Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bertujuan untuk memberikan bimbingan serta pengarahan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan terkait dengan pengelolaan keuangan untuk dapat berjalan lebih baik lagi.

”Tahun 2019 Way Kanan akan melaksanakan pemanfaatkan sistem keuangan yang diproduksi oleh BPKP, juga kalo informasikan bahwa Pemanfaatan Siskudes telah mencapai 100% dalam penerapan di desa dan suatu kebanggaan juga dimana Way Kanan berhasil meraih 8 kali Penghargaan WTP”, Ujarnya

Ditempat yang sama, dalam sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Kisyadi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan atas pencapaian Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 8 kali berturut. Hal tersebut merupakan salah satu wujud konsistensi yang dimiliki oleh Pimpinan dan jajaran. Serta diharapkan dapat menjadi percontohan kabupaten lain. (*)