Bupati Lamsel Sholat Idul Adha di Lapangan Korpri

0
1

Lampung Selatan, fajar-news.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto bersama para pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat serta ribuan umat muslim di Kecamatan Kalianda dan sekitarnya melaksanakan salat Idul Adha 1441 Hijriah di Lapangan Korpri Kalianda, Jumat (31/7/2020) pagi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan salat Idul Adha 2020 dilaksanakan sesuai aturan protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah di tengah pandemi virus korona. Ketentuan ini dilakukan guna mencegah penularan virus korona semakin luas di masyarakat.

Pantauan tim ini, Nanang yang mengenakan baju koko berwarna cream dipadu setelan jas hitam dengan kopiah hitam serta masker putih, tiba di lokasi salat pukul 06.50 WIB bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Winarni. Sebelum memasuki lokasi, Nanang juga sempat mendapatkan pemeriksaan suhu tubuh oleh tim Dinas Kesehatan setempat.

Saat tiba waktu salat, Nanang Ermanto menempati saf terdepan bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin serta sejumlah Kepala OPD Pemkab Lampung Selatan. Bertindak selaku imam dalam pelaksanaan salat Idul Adha 1441 Hijriah adalah Ustad Bahrul Ulum. Sedangkan KH. Muhajir dari Kecamatan Way Sulan bertindak sebagai khatib.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengajak masyarakat untuk menjadikan momentum Idul Adha sebagai wahana untuk introspeksi diri. Yakni sudah sejauh mana mampu berkorban untuk sesama dan berkorban untuk daerah tercinta guna mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan ke depan menjadi yang lebih baik dan lebih sejahtera.

“Mari kita jadikan Idul Adha sebagai momen introspeksi diri. Bagaimana kita mengikuti tauladan Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan Ismail anaknya. Ini menggambarkan ujian atas ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT. Untuk itu dengan niat yang iklas dan pengorbanan mari kita bangun daerah tercinta kita,” ujar Nanang.

Selain itu, melalui momentum perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, Nanang juga mengajak masyarakat untuk kembali mempererat tali silaturahmi. Kemudian menjaga persatuan, kekompakan serta keharmonisan diantara umat beragama serta menumbuhkan semangat gotong royong di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Hari Raya Idul Adha kita jadikan titik awal guna lebih memantapkan rasa kepedulian terhadap sesama umat dan menjadikan kita sebagai insan yang bersyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehingga kita selalu dapat menjaga tali silaturahim diantara sesama,” tandasnya.

Usai pelaksanaan salat, Nanang beserta rombongan menuju Masjid Agung Kalianda dengan berjalan kaki karena tak jauh dari Lapangan Korpri. Di Rest Area Masjid Agung Kalianda, Nanang menyerahkan secara simbolis hewan kurban satu ekor sapi kepada Ketua Takmir masjid setempat. (red)

Komentar Pembaca