BUPATI LEPAS TIM BANTUAN BENCANA KE KELUMBAYAN

0
136
foto; Diskominfo Tanggamus

Kota Agung — Usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Upacara Pemkab Tanggamus. Bupati Hj. Dewi Handajani didampingi Dandim 0424 Letkol ARH, Anang Hasto Utomo, Kapolres AKBP. I. Made Rasma, SIK., melepas Tim Bantuan Penanggulangan Bencana ke Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan.

Tim terdiri dari 1 pleton Satuan Pol PP, 1 pleton Tim Potensi SAR Dishub Tanggamus, 1 Tim Paramedis dan 1 Tim Logistik pembawa 3 truk bantuan bahan pokok sumbangan dari OPD, instansi vertikal dan masyarakat. Pelepasan Tim yang dilaksanakan melalui Apel ini adalah dalam rangka membantu dalam penanggulangan bencana pasca banjir.

Mengawali sambutannya Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi membantu korban banjir di Kecamatan Kelumbayan. “Saya atas nama Pimpinan kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, baik tenaga, pikiran, materi dan lain sebagainya, mudah-mudahan apa yang kita laksanakan ini akan dapat membantu dan meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang mengalami musibah,” ucapnya.

Bupati juga berpesan kepada Tim Bantuan untuk melaksanakan tugas dengan baik, serta mengajak semua OPD ikut membantu menurunkan Tim ke lokasi bencana. “Kepada seluruh jajaran tim bantuan, saya sangat mengharapkan bahwa kalian semuanya dapat melaksanakan tugas dengan baik, karena tentunya dalam pelaksanaan tugas ini tidak ada kompensasi apa-apa, selain bentuk kepedulian. Insya Allah semuanya akan mendapatkan pahala dan ganjaran yang berlipat ganda dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Saya berpesan bahwa saudara-saudara kita disana sangat membutuhkan uluran tangan kita. Saya pun mengajak kepada seluruh pihak, kepada seluruh jajaran OPD untuk dapat segera menurunkan Tim di lokasi bencana alam di Kecamatan Kelumbayan,” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu juga Bupati menceritakan hasil kunjungannya beberapa hari yang lalu (Jum’at, 9/11) ke lokasi bencana di Kecamatan Kelumbayan. “Saudara-saudara kita disana membutuhkan bahan makanan, alat-alat kesehatan dan obat-obatan. Juga bantuan untuk segera ditanyakan lagi dokumen identitas masyarakat yang telah hilang terbawa oleh arus banjir, dan masih banyak hal-hal lain lagi yang tentunya perlu bantuan dari kita semuanya,” ungkap Bupati.

“Tentunya pemberian bantuan yang kita laksanakan hari ini hanya simbolis, karena dari jajaran Pemerintah Kabupaten sendiri, sejak hari pertama terjadinya bencana alam telah mengirimkan bantuan berupa bahan makanan dan personil baik itu dari Dinas Sosial dan juga dari BPBD. Hanya mungkin karena keterbatasannya masih terdapat beberapa hal yang belum teratasi. Perlu banyak perhatian dan kepedulian dari semua pihak, dari seluruh donatur dan juga relawan untuk membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita. Jadi saya sangat mengharapkan bahwa bantuan bantuan ini tidak hanya terhenti pada hari ini saja, tetapi kita akan melihat dan juga tentunya kita akan terus memonitor apa yang diperlukan agar saudara-saudara kita yang ada di kecamatan Kelumbayan,” jelas Bupati.

Tak lupa Bupati berdoa bagi para korban banjir dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu korban banjir di Kelumbayan. “Mudah-mudahan pemberian bantuan ini agar dapat terus kita lanjutkan, dan saudara-saudara kita yang mengalami musibah bencana diberikan kesabaran dan ketabahan, serta dapat melalui semua cobaan ini. Terima kasih juga kepada pihak swasta yang telah memberikan bantuan alat beratnya, untuk membantu puing-puing yang berserakan, mebersihkan material longsor yang terjadi akibat bencana longsor,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati menyampaikan pesan moral yang penting bagi semua pihak, baik masyarakat maupun pihak yang terkait. “Mudah-mudahan ini semuanya akan menjadi pembelajaran bagi kita semuanya, untuk dapat tetap melestarikan hutan kita, agar bencana seperti ini dapat kita hindari. Apalagi Tanggamus ini termasuk daerah yang rawan bencana. Kita juga tetap harus banyak-banyak berdoa, mudah-mudahan kejadian seperti di Palu (Sulteng) dan juga kejadian-kejadian di daerah lainnya baik itu bencana gempa, tsunami dan bencana bencana lainnya tidak terjadi di Kabupaten Tanggamus,” pungkasnya.

Sumber : Kominfo Tanggamus