Bupati Tinjau Rapied Test di Pasar Talang Padang

0
1

Tanggamus, fajar-news.com — Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanggamus, menggelar Rapid Tes Massal Terhadap Pedagang dan Pembeli di Pasar Talang Padang, Senin (8/6/20).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani selaku Ketua Gugus Tugas, Wakil Bupati, Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD, Dirut RSUD Kota Agung, serta Camat, Uspika dan KUPT Puskesmas Kecamatan Talang Padang.

Bupati Hj. Dewi Handajani disela kegiatan menyampaikan pelaksanaan Rapid Tes menyasar pedagang dan pengunjung Pasar Talang Padang.

“Tes ini sebagai upaya pemantauan dan pengendalian penyebaran covid-19. Pasar tradisional menjadi target rapid test massal karena berpotensi memunculkan kluster baru penyebaran virus corona,” kata Bupati.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Bupati, para pedagang dan pengunjung pasar diminta jujur menyampaikan keterangan tentang gejala kesehatan atau riwayat bepergian ke wilayah penyebaran corona.

“Masyarakat dan pelaku usaha dipersilakan aktif beraktivitas seperti bekerja, berdagang dan lain-lain, dengan wajib memerhatikan protokol kesehatan,” ujarnya.

Bupati menerangkan, Rapid Tes Massal diikuti 140 pedagang maupun pengunjung pasar. Dimana diketahui terdapat 3 orang yang Reaktif.

“Dari pemeriksaan tersebut tiga orang dinyatakan reaktif dan langsung mengikuti tes PCR (Polimerase Chain Reaktion).”

“Tes lanjutan ini mendeteksi virus dengan pengambilan sampel lendir dan dahak dari saluran pernafasan hingga tenggorokan. Sampelnya akan dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Lampung untuk memastikan negatif atau positif Covid 19. Untuk Hasil tes PCR keluar dalam beberapa hari,” terang Bupati.

Selanjutnya Bupati dan jajaran Gugus Tugas juga memberikan teguran dan arahan kepada pengendara dan pengunjung pasar, untuk menerapkan Protokol Kesehatan, serta mengecek penerapan Protokol Kesehatan di salah satu Masjid di Pasar Talang Padang. (Fzr)

Komentar Pembaca