Candipuro Miliki Jumlah Pengidap AIDS Tertinggi

0
178

FAJAR-NEWS.COM, LAMSEL- Berdasarkan data yang diperoleh Dinas Kesehatan Lampung Selatan, melalui program penanggulangan HIV/AIDS, diketahui jumlah penderitanya mengalami peningkatan menjadi 180 penderita yang tertinggi berada di Kecamatan Candipuro.
Pernyataan mengejutkan tersebut dilontarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, dr. B. Jimmy Hutapea, disela-sela pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P), diruang Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Kamis (24/8/17).

Sebanyak 180 penderita HIV/AIDS di Kabupaten Lampung Selatan tersebar, yakni di Kecamatan Bakauheni, Kecamatan Jatiagung, Kecamatan Natar, Kecamatan Tanjung Bintang dan terbanyak di Kecamatan Candipuro dengan 57 orang di tahun 2017.

“Salah satu penyebabnya adalah karena banyaknya masyarakat di Candipuro yang berprofesi sebagai TKW di Luar Negeri, mengidap penyakit tersebut, kemudian pulang ke Desanya,” terang Jimmy.

Saat ini penanggulangan HIV/AIDS di Bumi Khagom Mufakat berupa deteksi dini serta sosialisasi kepada masyarakat.

“Untuk pengobatan kepada penderita tetap dilakukan, tapi sifatnya hanya sebatas memperpanjang usia saja,” tuntasnya dihadapan anggota Banggar DPRD Lampung Selatan. (*)