Desa Sidorahayu Mulai Lirik Budidaya Bawang Merah

0
151
foto; Diskominfo Lamtim

Lamtim, fajar-news.com– Kembali para Petani Desa Sidorahayu Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) melakukan inovasi Hortikultura. Hal itu dibuktikan petani desa setempat sedang panen bawang merah, Sabtu (17/11).

Setelah sukses menanam labu madu, cabai, tomat, timun, oyong, terong dan sayuran lainnya Petani Desa Sidorahayu terus berinovasi dan mencoba hal baru di bidang pertanian. Kali ini petani Desa Sidorahayu mencoba menanam bawah merah dan hasilnya sangat bagus dan memuaskan.

Eko Susilo salah satu Petani Desa Sidorahayu yang menanam bawang merah mengatakan masih jarang sekali Petani Desa Sidorahayu yang menanam bawang merah, hanya 10 orang saja yang mau mencoba menanam bawang merah. Alasan mereka tidak mau mecoba menanam bawang merah dikarenakan takut tanaman bawang merah tidak cocok dengan kondisi tanah di Desa Sidorahayu, yang mengakibatkan tanaman tidak tumbuh subur dan panen tidak maksimal.

Bibit Tanaman bawah merah yang dirinya tanam berasal dari bibit PNPM cap panah merah. Tanaman bawang merah dapat dipanen sekitar 60 sampai 70 hari setelah tanam dengan hasil panen 16 sampai 20 ton perhektar, dengan harga jual dipasaran mencapai Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu per kilogram.

“Semoga dengan menanam bawang merah ekonomi Petani Desa Sidorahayu dapat lebih sejahtera,” tukasnya.

Penulis : Yendri