Di Bakauheni, Nanang Ermanto Serahkan 12 Kapal Ketinting Kepada Kelompok Nelayan

0
36

Lamsel – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyerahkan bantuan kapal jenis ketinting kepada 12 kelompok nelayan berikut dengan alat tangkap dan kelengkapan lainnya.

Bantuan yang berasal dari hibah Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) itu, diserahkan Nanang Ermanto di lokasi wisata Pantai Minang Rua, Desa Klawi, Kecamatan Bakauheni, Senin (23/9/2019).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Selatan, Dr. Meizar Malanesia menjelaskan, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dirjend Kelautan menggelontorkan DAK di Lampung Selatan sebesar Rp1,4 Miliar.

Selain dialokasikan untuk bantuan kapal bagi kelompok nelayan, DAK tersebut juga berupa pengadaan benih patin, udang dan berikut pakan yang telah disampaikan untuk kelompok perikanan di Kecamatan Palas, Penengahan dan Bakauheni.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bantuan kapal nelayan yang diserahkan itu mempunyai kapasitas mesin dibawah 3 GT berikut perlengkapannya berupa 12 unit set as, 12 unit jaring rampus 2 inc, 12 unit gilnet, 12 unit GPS, 24 unit cool box.

“Bantuan yang diserahkan ini merupakan usulan yang telah disampaikan berdasarkan proposal masyarakat tahun 2017 dan 2018 dan sudah melalui berbagai proses serta telah disetujui oleh Plt Bupati Lampung Selatan,” tutur mantan Kepala Badan Litbang Lampung Selatan Selatan ini.

Sementara, dalam kesempatan itu, Nanang mengatakan, pemerintah akan terus berupaya mensejahterakan masyarakatnya, termasuk masyarakat nelayan yang ada di wilayahnya.

Salah satunya, melalui pemberian bantuan kapal nelayan, sehingga masyarakat nelayan bisa hidup layak dan meningkatkan perekonomian dari hasil melaut dan budidaya perikanan.

“Saya berharap, kelompok nelayan yang telah menerima hibah kapal ini, dapat memanfaatkan dan menjaganya dengan baik. Gunakan secara maksimal untuk mensejahterakan anggotanya,” ujar Nanang saat memberikan sambutan dalam acara serah terima kapal tersebut.

Menurut Nanang, apa yang diberikan pemerintah tersebut merupakan uang rakyat yang berasal dari pajak dan dikembalikan ke rakyat dalam bentuk barang. Untuk itu, dia berharap aparatur desa bisa meningkatkan pendapatan-pendapatan yang ada di desa.

“Inilah diperlukan suatu kesadaran masyarakat untuk taat membayar pajak. Karena hasilnya itu (pajak, red) akan dikembalikan lagi ke rakyat,” kata Nanang.

Sedangkan, tokoh setempat Bahtiar Ibrahim, mewakili masyarakat nelayan menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diserahkan oleh Plt. Bupati Lampung Selatan.

“Suatu kerhormatan dan kebahagian bagi kami pak bupati bisa hadir dan memberikan bantuan ini. Dengan bantuan yang lengkap ini, kami dapat mencari ikan dengan maksimal, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga kami,” ucapnya.

Adapun, berdasarkan pantauan tim Diskominfo Lamsel, turut hadir dalam acara serah terima bantuan kapal itu, anggota DPRD Lampung Selatan dari PDI Perjuangan Sadide, dan Alindo dari Partai Perindo.

Hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Ir. Fredy SM, MM, beserta para pejabat utama dilingkungan Pemkab Lampung Selatan, para Kepala OPD, camat, dan Kepala Desa se-Kecamatan Bakauheni, serta tokoh adat, agama, dan masyarakat setempat. (kmf)