Dinkes Lamtim Ajak Santri Hidup Bersih dan Sehat

0
331
foto; Humas Lamtim

Lampung Timur, fajar-news.com- Gelar acara pertemuan lintas program dan lintas sektor bersama sejumlah santri serta pengajar dalam rangka mengkampanyakan hidup sehat dan bersih untuk para santri yang tinggal di pondok pesantren, Kamis (11/10/2018).

Kegiatan belangsung di Gedung Serba Guna (GSG) hotel Yestoya Kecamatan Way Jepara Lampung Timur yang sudah terdaftar di Kantor Kementerian Agama setempat (Kemenag) diikuti oleh perwakilan santri pondok pesantren se-Lampung Timur.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur Nur Syamsu, Higienis sanitasi santri meliputi kebersihan seluruh tubuh santri yang dimulai dari kebersihan jamban, hal ini yang selalu di kampanyekan untuk indonesia yang lebih bersih dan sehat.

“Perlunya pengetahuan kebersihan dan higenis didalam lingkungan pondok pesanteren, baik untuk para santri, pengurus pesanteren serta lingkungan di sekitarnya,” ungkap Nur Syamsu.

Terkadang baik pihak pondok maupun santri dan santiwati, hanya fokus kepada pendidikan agama saja, sehingga tak jarang mereka menghiraukan kebersihan dan kesehatan tubuh mereka.

Namun di pihak santri yang hadir, menjelaskan bahwa di pondoknya saat ini, pola hidup bersih sudah menjadi tanggung jawab bagi seluruh penghuninya, terlebih sekarang ini setiap asrama dengan enam santri disediakan 2 MCK, ujar Ridwan.

“Di pondoknya penggunaan shower sudah mulai di terapkan sehingga kita tidak mandi menggunakan bak mandi,” pungkas Ridwan peserta dari podok pesantren Raudhotur Ridwan sekampung.

Sumber : Diskominfo Lamtim
Editor : Rayendra