Dir Binmas Polda Lampung Resmikan Kampung Tangguh

0
1

Tanggamus, fajar-news.com – Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono, SIK. M.Si meresmikan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Pekon Kalibening, Kecamatan Talangpadang, Kabupaten Tanggamus, Kamis (23/07/20).

Launcing ditandai pemotongan pita KTN oleh Dir Binmas, pelepasan balon ke udara oleh Wakil Bupati AM. Syafi’i yang didampingi Wakapolres Tanggamus Kompol Heti Patmawati, SH. SIK mewakili Kapolres AKBP Oni Prasetya, SIK yang sedang melaksanakan kegiatan di Polda Lampung.

Tampak hadir di lokasi Anggota DPRD Hajin M Umar, Kasat Pol PP Suratman, Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Camat dan Uspika Kecamatan Talangpadang, Kepala Pekon beserta unsur Ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda setempat.

Usai peresmian, rombongan juga menyaksikan simulasi pemulasaraan jenazah pasien positif Covid-19 di Rumah Isolasi Covid-19 Pekon Kalibening, serta meninjau Pos Kamling, kebun pepaya dan sistem budidaya minapadi unggulan, sebagai wujud ketahanan pangan Kampung Tangguh Nusantara Kabupaten Tanggamus.

Dir Binmas Kombes Anang mengatakan, bahwa saat ini sedang dilanda Pandemi Covid 19 sehingga untuk mampu bertahan hidup dimasa Pandemi ini tentunya melalui pola pola ketangguhan sehingga dibentuk kampung tangguh Nusantara.

Menurutnya, ada beberapa kriteria yang harus disiapkan diantaranya tangguh terhadap kesehatan, jadi harus paham protap pencegahan seperti jaga jarak pakai masker sering cuci tangan, kedua ketahanan pangan bagaimana sebuah desa mampu bertahan hidup ketika ada wabah, lalu agar situasi tetap aman.

“Maka ada juga ketangguhan dibidang keamanan, bagaimana agar tidak stres mengahadapi situasi itu ada juga ketangguhan bidang psikologi dan sebagainya, diharapkan dengan adanya program seperti ini masyarakat tidak ada kendala ketika menghadapi hidup new normal sampai wabah covid selesai. Setelah ditunjuk agar Kali Bening dapat memberikan contoh bagi Pekon lain,” kata Kombes Anang.

Sementara Wabup Syafi’i menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia yang memprakarsai terbentuknya Program Kampung Tangguh Nusantara (KTN), yaitu suatu program sebagai upaya pencegahan dini dan memutus mata rantai Covid-19.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Kapolri yang telah mencetuskan program ini. Terimakasih juga kepada Kapolda Lampung dan Kapolres Tanggamus beserta seluruh jajaran kepolisian dilingkungan Polda lampung dan Polres Tanggamus, yang telah memberikan dukungan dengan segala upaya sehingga pekon Kali Bening di Kecamatan Talangpadang pada hari ini, kita sama-sama resmikan menjadi Kampung Tangguh Nusantara,” kata Wabup.

Wabup juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi, khususnya kepada Warga pekon Kalibening dan warga Tanggamus seluruhnya, yang terus bersama-sama mencegah penyebaran Virus Corona diwilayah Tanggamus.

“Pandemi Covid-19 ini menyadarkan kita semua bagaimana harus membangun sebuah kebersamaan,” ucapnya.

Wabup melanjutkan, Covid-19 merupakan ancaman bangsa, maka saat ini dengan sukarela kita mau bersama-sama mengatasi masalah tersebut. Kita harus terbiasa dan memulai hidup sehat.Terlebih ada Polri yang selalu membantu dan melindungi kita semua.

“Selama ini masyarakat hanya tahu Polri menjaga ketertiban dan keamanan saja. Namun dimasa pandemi Covid-19 mereka juga hadir untuk menjaga kesehatan masyarakat,” ujar Wabup.

Wabup menerangkan, KTN merupakan suatu upaya dan suatu penghargaan terhadap suatu desa atau pekon. Dimana pada masa pandemi Covid-19, Pekon Kalibening mampu menjadi suatu kampung yang tangguh dan mandiri, dan menyediakan cadangan pangan bagi warga masyarakat diwilayahnya, sehingga kebutuhan akan pangan tetap terpenuhi selama pandemi Covid-19.

“Kita semua berharap, mudah-mudahan dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara di Pekon Kalibening ini bisa menjadi suasana dan kondisi yang kondusif di tengah pandemi Covid-19. Selain itu bisa menjadi contoh untuk pekon-pekon yang lainnya di Kabupaten Tanggamus,” pungkasnya. (Fzr)

Komentar Pembaca