DPRD Ingatkan Penyerapan APBDP Dapat Terealisasi Tepat Waktu

0
30

Lamsel- Juru bicara Badan Anggaran DPRD Lampung Selatan Jenggis Khan Haikal, mengingatkan agar pihak eksekutif dapat melakukan penyerapan anggaran dana Perubahan APBD TA 2019 dapat teralisasi tepat waktu, tepat guna, tepat sasaran, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

“Mengingat pelaksanaan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019 tinggal beberapa bulan lagi, maka realisasi penyerapan anggaran dana diharapkan dapat teralisasi tepat waktu, sehingga tidak ada lagi Silpa anggaran yang cukup besar,” ujarnya, Jum’at (2/8).

Kemudian, pihaknya meminta untuk meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dari perencanaan penyusunan anggaran, pelaksanaan pembangunan, dan pengendalian agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik, sehingga keterlambatan pekerjaan fisik tidak terulang lagi.

Lalu, terkait dengan pelaksanaan pembangunan fisik Tahun Anggaran 2019, Badan Anggaran DPRD Lampung Selatan juga meminta Inspektorat Wilayah Kabupaten Lampung Selatan agar mempertajam fungsi pengawasan, serta meminimalisir potensi penyalahgunaan anggaran.

“Inspektorat juga diharapkan dapat mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penyerapan dana sesuai dengan target dan dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik, sehingga dampaknya dapat dirasakan masyarakat,” imbuhnya.

Selanjutnya, Badan Anggaran DPRD Lampung Selatan juga meminta kepada seluruh dinas dan instansi terkait, baik yang mengalami penambahan anggaran maupun pengurangan anggaran, agar dapat memperbaiki Rencana Kerja Anggaran (RKA) instansinya.

“RKA OPD terkait, agar disesuaikan dengan program maupun kegiatan dan berpedoman kepada amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah,” katanya.

Selain itu, Jenggis Khan menyampaikan, OPD pengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar dapat bekerja dengan maksimal. Sebab menurutnya, apabila target PAD dapat tercapai secara optimal maka dapat berkolerasi positif dalam memperkuat struktur APBD, sehingga pembangunan yang telah dicita-citakan bersama dapat terwujud.(*)