DPRD Lambar Gelar Rapat Paripurna Terkait keterangan Pertanggungjawaban LKPJ

0
11

Lampung Barat, fajar-news.com – Walau sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) 2019, Senin (27/4/2020).

Rapat paripurna itu dilangsungkan sistem online atau menggunakan teknis rapat paripurna melalui video teleconference di runga sidang utama Makhgana kantor setempat.

Laporan LKPj Lambar 2019 tersebut disampaikan Bupati Parosil Mabsus dari ruang rapat kantor bupati didampingi lagsung oleh Wakil Bupati Mad Hasnurin, Sekkab Akmal Abdul Nasir dan sejumlah pejabat teras Pemkab Lambar.

Ketua DPRD Edi Novial, dalam keterangannya rapat pariurna LKPj tahun 2019 sempat tertunda karena adanya surat edaran Mendagri No 440/2436/SJ terkait pembatasan rapat dan kegiatan kunjungan terkait virus corona.

Namun lanjut ketua DRD dua priode itu, dalam SE tersebut Mendagri menegaskan agar pemerintah daerah (Pemda), baik gubernur, bupati/wali kota menyesuaikan kondisi dan situasi wilayah masing-masing agar tetap dapat melaksanakan tugas dan fungsinya.

Salah satunya, kata Edi, pihaknya dituntut untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam rapat, pertemuan maupun sosialisasi dengan menggunakan sarana teleconference maupun video conference. 

“Solusi yang memungkinkan untuk mengatasi pembatasan pertemuan secara langsusung sat ini ya dengan memanfaatkan IT, maka rapat paripurna LKPj ini kita lakukan melalui online video conference,” terang Edi.

Diketahui, rapat paripurna LKPj tersebut dihadiri oleh 26 anggota DPRD, 11 di ntaranya hadir secara langsung di rungan sidang.

Sementra 15 lainnya mengikuti secara online melalui aplikasi zoom. Sedangkan sembilan lain izin.

Rapat paripurna LKPJ tersebut juga diikuti bupati dan wakil bupati, unsur forkopinda, satuan kerja, perwakilan 15 kecamatan, dan perwakilan media. (Hrm)

Komentar Pembaca