Evaluasi APBDes Perubahan Tahun 2018

0
150
foto; Diskominfo Lamtim

Lamtim, fajar-news.com– APBDes adalah Rencana keuangan tahunan Pemerintahan Desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintahan Desa dan badan permusyawaratan Desa yang selanjutnya ditetapkan dengan peraturan Desa. Selasa (30/10/2028).

bertempat di BPU (Balai Pertemuan Umum) Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur, mengadakan Monitoring dan Evaluasi APBDes yang dihadiri oleh Kasi PMD Kecamatan Waway Karya Priyanto, S. Sos, Kasi Pemerintahan Bahri AR, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, sekretaris Desa, dan admin website Desa di masing-masing Desa yang ada di Kecamatan Waway Karya.

Acara ini dilaksanakan berdasarkan Surat Bupati Lampung Timur No 414.3/668/10-SK/2018, tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) tahun 2018.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Waway Karya Bahri AR membuka acara Monitoring dan Evaluasi APBDes dan mengharapkan kepada para peserta rapat agar bisa memahami dan mengerti penjelasan-penjelasan yang disampaikan oleh Kami sehingga penyusunan dan penetapan APBDes dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan ketentuan serta mampu mendorong pemberdayaan Masyarakat dan percepatan pembangunan Desa.

“Yang namannya Evaluasi perlu membawa bukti fisiknya yaitu APBDES, kalaw APBDES tidak dibawa maka apa yang akan kita Evaluasi,” katannya.

Kasi PMD Kecamatan Waway Karya Priyanto, S. Sos Menyampaikan apa bila ada Desa yang ingin merubah kegiatan fisiknya inilah saatnya. Kemudian saat merubah kegiatan fisik, bukan hanya merubah RAB (Rencana Anggaran Biaya) saja, akan tetapi harus merubah Desain Tekhnisnya dan juga nanti di analisis dan dihitung kembali.

“Apabila Desa sudah merubah RAB dan merubah Desain Tekhnisnya, sebelum tanggal 10 November Harus sudah dikumpul ke Kasi Pemerintahan. Karena pada tanggal 10 November berkas APBDES perubahan harus sudah masuk di Kabupaten dan nanti akan di Evaluasi lagi oleh team Kabupaten,” imbuhnya.

Sumber Berita : Diskominfo Lamtim