Inovasi Desa Tingkatkan Kesejahteraan

0
165
Foto; Eka

Lamsel, fajar-news.com – Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar acara replikasi inovasi di balai Desa Sukaraja Kecamatan Rajabasa.

Kegiatan yang betema “Dari Inovasi Desa Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat” dibuka langsung oleh Sabtudin Camat Rajabasa, turut dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata kabupaten setempat dan pendamping desa kecamatan.

Dalam Sambutannya  Ketua TPID Tugiman menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak yang telah bersedia hadir dalam kegiatan tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada kecamatan beserta jajaran serta khususnya kepada Kepala Dinas Pariwisata yang telah menyempatkan waktu untuk hadir pada acara ini,” ujarnya Rabu (07/11).

Tugiman menjelaskan, inovasi ini bukan ide dari TPID melainkan dari Desa melalui TPID.

“Ini semua bukan ide kami melainkan dari desa, oleh sebab itu para kepala desa dapat mendukung kegiatan kami (TPID),” tambahnya.

Sementara itu dalam sembutannya Camat Rajabasa Sabtudin, S.Sos M.Si menyatakan inovasi ini merupakan suatu gagasan baru yang sangat bagus sebab ini merupakan salah satu program pemerintah pusat.

“Mereka ini dinaungi serta diberi pembiyaan juga dari pusat, salah satu tugasnya menyambangi desa agar desa itu mampu berinovasi, seperti itulah tugas dari TPID,” ujarnya.

Sabtudin menyampaikan agar TPID tak berhenti membantu Desa untuk dapat berinovasi.

“Saya ingatkan juga kepada TPID jangan sampai ngadat dalam mendorong desa-desa yang ada untuk berinovasi,” tambahnya.

Selain itu ditempat yang sama, Yudha Sukmarina, S.Sos MM. Kadis Pariwisata Kabupaten Lamsel menyampaikan potensi pariwisata di Lamsel ini khususnya di Kecamatan Rajabasa masih banyak potensi yang belum tersentuh, padahal melalui pariwisata bisa meningkatkan PAD kabupaten  ataupun desa itu sendiri.

“Kecamatan Rajabasa ini merupakan penyanggah serta kawasan penunjang dalam menuju objek wisata salah satunya ke gunung anak krakatau,” menurutnya.

Yuda Sukmarina mengaku sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat dalam memajukan destinasi pariwisata, karena tanpa dukungan dari pelaku wisata dan masyarakat tentunya sulit dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten tersebut.

Penulis: Eka