IUI Dinas PTSP Bermasalah

0
41

Metro,fajar-news com. Pemberian IUI (Izin Usaha Industri) oleh Dinas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Metro untuk pabrik pengolahan beras yang berlokasi di kelurahan Iringmulyo menuai banyak masalah. Pasalnya IUI yang telah dikeluarkan belum lama itu tidak sesuai dengan PP No.105 tahun 2015 serta Perda No.1 tahun 2012 tentang RTRW kaitannya dengan kawasan industri.

Artinya didalam proses dikeluarkan IUI harus mengikuti beberapa tahapan aturan. Apalagi sudah jelas pabrik beras itu berdiri dikawasan pendidikan bukan di kawasan industri yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Metro.
Sedangkan daerah kawasan industri adalah di kecamatan Metro utara.

Subhan,SE selaku Ketua Komisi III DPRD Metro, yang juga sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar mengatakan, bahwa dirinya sangat menyayangkan bila ada usaha industri sudah beberapa tahun beroperasi di Kota Metro ini yang tak memiliki izin.

“Saya sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi, semestinya izin usaha industri itu terbit dahulu sebelum melaksanakan kegiatan industrinya. Apalagi pabrik sudah lama beroperasi,” ujar Subhan.

Lanjut Subhan, kalaupun ada Izin Usaha Industri itu diterbitkan beberapa hari lalu, dirinya berharap instansi terkait apakah telah memperhatikan ketentuan PP nomor 107 Tahun 2015 tentang Izin Usaha Industri.

“Intinya ikuti semua aturan yang ada dan, jika memang pabrik berdiri di kawasan pendidikan tidaklah sesuai. Sedangkan pemerintah Kota Metro telah menetapkan sendiri daerah kawasan industri adalah di Metro Utara”, jelas Subhan.

Sementara itu, Lurah Iringmulyo Selamat saat dihubungi via telepon oleh tim media mengatakan tidak mengetahui jika ada pabrik di wilayah kerjanya.

“Saya sudah berdinas selama tiga tahun di kelurahan Iringmulyo, tetapi tidak mengetahui ada pabrik pengolahan beras,” ungkap Selamat.

Dalam hal ini sangatlah disayangkan jika dinas terkait dalam mengeluarkan suatu izin tanpa memperhatikan aturan yang berlaku. Sehingga sepertinya aturan yang ada sebagai pelengkap formalitas.

Ke depan tim media akan menemui Walikota Metro serta dinas terkait, guna meminta tanggapan sehingga terbitnya IUI tersebut.(Sfn).