Keasrian Taman Purbakala Pugung Raharjo, Memiliki Kesan Tersendiri Bagi Wisatawan

0
96

Lamtim, fajar-news.com– Taman Purbakala Pugung Raharjo semakin ramai di kunjungi wisata lokal maupun luar daerah bahkan luar negara, Taman Purbakala yang berlokasi di Desa Pugung raharjo, Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur.

Situs Pugung Raharjo sangat banyak peninggalan-peninggalan zaman Megalitik (dari tahun 2500 SM), klasik (Hindu-Buddha) sampai Islam terdapat lengkap. Beberapa artefak yang ditemukan di sana seperti keramik asing dari berbagai dinasti, keramik lokal, manik-manik, dolmen, menhir, pisau, mata tombak, batu berlubang, batu asahan, batu pipisan, kapak batu, batu trap punden, gelang perunggu, dan batu bergores.

Ada pula peninggalan-peningalan berupa suatu bangunan atau melambangkan tempat. Ada Benteng Pugungraharjo yang bentuknya gundukan tanah dan komplek batu kandang atau dikenal juga dengan nama batu mayat.

Jadi, terdapat sekelompok batu besar yang disusun dalam bentuk empat persegi dengan arah ke timur dan barat. Di bagian tengah kelompok batu besar ini terdapat bulat panjang yang di kedua ujungnya dipahatkan phallus (lambang alat kelamin laki-laki).

13 Piramida pun menjadi salah satu bangunan yang ditemukan di sana. Satu punden berundak piramida memiliki tiga tingakatan. Piramidanya terdiri dari batu-batu yang tersusun rapi. Batuan ini berfungsi sebagai tangga dan pembatas di sekitarnya.

Selain itu di kompleks situs juga ada Kolam Megalitik. Konon, lokasi ini merupakan tempat untuk mengambil air guna memenuhi kebutuhan hidup dan keperluan ritual.

“Ada dua kolam yang dipisahkan jalan setapak berbatu, kolam di sisi timur lebih kecil, tetapi sudah berdinding batu. Sementara kolam di sisi barat berbentuk seperti danau,” ungkap Turwidi.

Hal senada dikatakan Sari pungunjung asal Batanghari, bahwa taman Purbakala Pugung Raharjo tampak asri. “Letaknya yang ada di tengah perkebunan jagung dan jauh dari pemukiman warga membawa ketenangan tersendiri,” tukasnya.

Penulis : Dri