Lamsel Antisipasi Bencana

0
211
dok; BPBD Lamsel

Lamsel, fajar-news.com- Rencana penanggulangan bencana daerah menjadi tren topik hampir di seluruh wilayah indonesia . Hal ini juga menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), dimana luas wilayah setempat, merupakan daerah yang sangat rawan musibah seperti Gempa Bumi, tsunami, banjir bandang serta angin puting beliung.

Kepala seksi Penangulangan Bencana Kabupaten Lamsel, Maulidin SE mengatakan semua rencana tersebut sudah di lakukan Mitigasi bencana, dengan membuat jalur Evakuasi, serta prasarana pendukung didalam mengantisipasi bencana yang akan terjadi.

“BPBD Lamsel , terus memantau dan berkoordinasi ke seluruh kecamatan, terhadap kondisi daerah yang rawan bencana, sehingga apabila terjadi  bencana akan dapat di akses serta penanggulanngan secepat dini,” ungkapnya kepada Fajar-news, Rabu (3/10/2018).

Kepala BPBD  Lamsel Ketut Sukerta SE, saat di hubungi via telpon seluler mejelaskan, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan simulasi penangulangan bencana di beberapa daerah kecamatan yang rawan bencana.

“Rencana simulasi penanggulangan bencana akan di lakasanakan di bulan ini ( Oktober_red), namun semuanya masih dalam perumusan dan pengkajian, sehingga pengendalian bencana  terhadap terdampak korban jiwa dapat diminimalisir,” jelas pria paruh baya tersebut.

Hal senada dikatakan Kepala Seksi Rekonstruksi BPBD Lamsel, Lukman Hakim SE, berharap  agar segera di dibuat Peraturan Derah (Perda) Penanggulangan Bencana, saat ini  BPBD Lamsel, masih mengacu Peraturan Bupati No 06 Tahun 2011.

“Apaabila Perda tersebut  telah ada, dapat menjadi acuan yang sebenarnya di dalam penanganan bencana secara keseluruhan serta plotingnisasi menjadi  konsep yang lebih real,” ungkap pria berperawakan kurus itu.

Disinggung besaran anggaran yang di golontorkan melalui APBD  Kabupaten Lamsel tahun 2018 adalah sebesar Rp 1,1 milyar dan tambahan di APBD-P sebesar Rp100 juta.

 

Penulis: Rayendra

Editor : Agus Sriyanto