Lomba Desa Adiwarno Tim Penilai Dari PMD Kabupaten

0
76

Lampung Timur fajar-news.com – Dalam rangka Lomba desa tingkat kecamatan yang berlangsung di desa Adiwarno kecamatan Batanghari kabupaten Lampung timur ,pada hari Kamis/1)4/21)yang di hadiri dari forkompenda kabupaten Lampung timur.

rombongan dari tim Penilai lomba desa dari PMD kabupaten Lampung timur yang dipimpin kadis peberdayaan masyarakat desa(Yudi Irawan sso.s.

Dalam penilaian lomba desa yang dilakukan ini bukan hal yang baru, sebab telah berjalan setiap tahunnya di seluruh 24 kecamatan yang ada di lampung timur khususnya.

“Penilaian lomba desa tahun ini, berbeda dengan tahun lalu.mengingat lomba desa saat ini masih dalam keadaan pendemi.Artinya lomba desa ini cukup dibilang terbatas.tapi aku sangat terima kasih ,walaupun pendemi masyarakat disi bisa guyup rukun bergotong royong untuk mempersiapkan dan menyiapkan segala bentuk yang di nilai dalam perlombaan .Atmitrasi maupun sejenis bidang usaha kecil lainya.seperi pemijahan ikan cupang ternak kelinci Reksia dan penahanan pangan/pertanian.

Dikatakan Yudi.dalam penilaian lomba desa tetap mengacu pada Permendagri 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Dimana lomba desa ini, untuk mengevaluasi sekaligus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa.maupun perkembangan Ekonomi desa

“Secara umum aspek penilaian sama yaitu dari aspek Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Kewilayahan. Kita berharap bahwa lomba desa ini betul-betul dijadikan sebagai ajang untuk memperlihatkan hasil pembangunan oleh desa selama dua tahun terakhir”, jelasnya.

Di sisi lain, kata Yudi Pemerintah Provinsi melalui Gubernur sangat mengharapkan ada inovasi yang dimunculkan di desa, sehingga bisa menjadi nilai tawar yang tinggi dalam rangka untuk membantu Pemerintah Desa mempercepat pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan dan pemberdayaan di desa yang bersangkutan.

“Lomba ini antara kecamatan, tapi yang paling terpenting adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa di prioritaskan sehingga ketika peningkatan kesejahteraan bisa terwujud.

Sedangkan lomba desa terbaik, akan mewakili tingkat Kabupaten ,Artinya dalam lomba desa yang lebih siap untuk diikutkan pada lomba Desa Tingkat Provinsi nanti”, tutup(Sam)