Marga Pemuka Bangsa Raja Anugerahi Bupati Adipati Gelar Pangeran Buay Pemuka Bangsa Raja

0
138

 

Waykanan, fajar-news.com– Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M Hari ini, Rabu (16/01/2019), menghadiri dan mengikuti proses begawi adat Pemberian Gelar Penghargaan Marga Pemuka Bangsa Raja Kecamatan Negeri Besar
Acara begawi adat yang berlangsung Bertempat di Sesat Tantan Gumanti dan balai Pandan Marga Buay Pemuka Bangsa Raja Kecamatan Negeri Besar itu Raden Adipati Surya, mendapat Anugerah gelar Pangeran Buay Pemuka Bangsa Raja.

Menyampaikan sambutannya, Raden Adipati Surya mengungkapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan terus mendorong upaya pelestarian budaya Way Kanan, hal ini menindaklanjuti hasil penelitian Prof Margareth J Katomi, yang menyatakan gamalan Melayu, termasuk gamalan Way Kanan dan Lampung Barat turut terpatri dalam sejarah Indonesia Kuno di Candi Borobudur. Namun tanpa pelestarian, tanpa regenerasi budaya maka Gamolan hanya akan menjadi sejarah. Demikian pula dengan seni warahan Lampung, Seni Pisaan, Seni Pincak dan sebagainya, termasuk Cerita-cerita legenda asal Lampung apabila tidak kita turunkan dengan generasi muda, maka sejarah ini akan hilang seiring perkembangan zaman.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 05 Tahun 1992 tentang cagar budaya, peraturan daerah provinsi Lampung nomor 02 Tahun 2008 tentang pemeliharaan kebudayaan Lampung dan peraturan daerah Kabupaten Way Kanan Nomor 35 Tahun 2000 tentang pemberdayaan, pelestarian dan pengembangan adat serta lembaga adat.

”Pemerintah sangat mendukung sepenuhnya berbagai upaya agar adat dan budaya Lampung Way Kanan dapat lestari dan ikut serta menjadi salah satu daya tarik wisatawan di Kabupaten Way Kanan,”Tegasnya.

”Saya berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi Kabupaten Way Kanan yang kaya dengan kearifan dan tata nilai yang khas, oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya selaku Bupati mengharapkan perhatian dan keikhlasan Para Pelestari adat budaya Lampung, untuk terus konsisten, rela dan ikhlas membagi ilmu, menuturkan kembali riwayat leluhur kita. sehingga genari muda kita tetap memahmi silsilah dari Leluhur masyarakat Lampung,”Pintanya.

Dari Informasi yang didapat dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Way Kanan Selain Bupati Raden Adipati Surya, Juga dianugerahi Gelar pada begawi adat itu diantaranya, Kapolda Lampung Irjend. Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si, dengan gelar Pangeran Buay Pengayoman, Anggota DPR RI, Ir. Marwan Cik Asan,M.M mendapat gelar Pangeran Mangku Praja dan Kapolres AKBP. Andi Siswanto, S.IK dianugerahi gelar Pangeran Buay Keamanan.(*)