Masyarakat Way Kanan Antusias Sambut Piala Adipura

0
212

Waykanan– Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bersama Wakil Bupati DR. H. Edward Antony, M.M memimpin rombongan arak-arakkan Piala Adipura dari TPR Perhubungan Kecamatan Baradatu menuju Simpang Empat, kemudian melewati Jalan Jenderal Sudirman, Stasiun Kereta Api Blambangan Umpu, Kampung Lembasung, Kampung Liok, Jalan Radin Jambat, SMA Negeri 1 Blambangan Umpu masuk melalui Gerbang Pemda dan finish di Gedung Serba Guna, Jum’at (18/01/2019).

Sampai di Gedung Serba Guna, rombongan Bupati dan Wakil Bupati langsung disambut oleh Pasukan Prosesi untuk kemudian menyerahkan Piala Adipura kepada Tokoh Masyarakat Riswan Basyah yang selanjutnya diletakkan pada kotak kaca.

Bupati Raden Adipati dalam sambutannya mengatakan bahwa keberhasilan Kabupaten Way Kanan dalam meraih penghargaan Adipura Tahun 2018 merupakan hasil dari usaha dan kerjasama seluruh komponen masyarakat. Karena tanpa dukungan dan keterlibatan dari semua pihak, terutama para petugas kebersihan, perangkat kampung dan kelurahan, organisasi perangkat daerah serta seluruh warga masyarakat yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan disiplin maka mustahil penghargaan tertinggi dibidang kebersihan ini mampu diraih oleh Kabupaten Way Kanan.

”Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan melaksanakan tugasnya dengan baik, mendedikasikan tenaga tanpa lelah, meluangkan waktu dan pikiran dalam upaya mewujudkan Kabupaten Way Kanan yang bersih, asri, nyaman dan teduh sehingga berhasil meraih penghargaan Adipura”, ujar Bupati Raden Adipati yang sebelumnya memberikan penghargaan kepada Pasukan Orange.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, Sekretaris DPRD, Inspektur Daerah, para kepala dan unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bagian Sekretariat dan Camat se-Kabupaten Way Kanan itu juga disampaikan bahwa Piala Adipura juga merupakan amanah bagi penerimanya untuk tetap menjaga dan bahkan meningkatkan upaya dalam mengelola dan menjaga lingkungan. Karena Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan senantiasa mengajak partisipasi dan kepedulian semua pihak untuk berbuat nyata melestarikan lingkungan demi terwujudnya bumi yang bersih dan hijau, serta bertujuan untuk mendorong Pemerintah Daerah dan masyarakat mewujudkan kota bersih dan teduk dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Governance sesuai dengan dinamika pembangunan.

”Saya juga mengajak kepada kita semua untk menguatkan komitmen dan motivasi untuk terus berupaya meningkatkan kerja keras terhadap upaya pengelolaan lingkungan hidup. Untuk diketahui juga diusia Kabupaten Way Kanan yang genap berusia 20 tahun pada tanggal 27April 2019 mendatang, telah genap 3 tahun kepemimpinan saya bersama Wakil Bupati, dan ini merupakan kado terindah yang dapat kita semua persembahkan untuk Kabupaten Way Kanan”, lanjut Bupati Raden Adipati yang juga mengatakan bahwa kedepan akan dilaksanakan perlombaan kebersihan kampung se-Kabupaten Way Kanan untuk memperebutkan piala Adipura tingkat Kabupaten serta hadiah ratusan juta rupiah.

Penyambutan ini merupakan bentuk apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dan bekerja keras untuk mewujudkan kebersihan hingga meraih penghargaan ini, masih lanjut Bupati yang juga menerima Tanda Jasa Kehormatan Bhakti Koperasi dan Menteri Koperasi dan UKM Republik Inodnesia itu, juga diharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat seluruh masyarakat dan jajaran Aparatur Sipil Negara Kabupaten Way Kanan untuk terus mempertahankan penghargaan Adipura dan meningkatkan kebersihan dan kenyamanan lingkungan sehingga ditahun-tahun mendatang Kabupaten Way Kanan kembali meraih penghargaan Adipura.

”Perlu diingat bahwa Penghargaan Adipura ini bukanlah tujuan akhir, karena penghargaan ini menjadi penuh makna apabila kesadaran menjaga kebersihan lingkungan telah membudaya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Way Kanan. Ini juga merupakan bukti niat yang tulus dari kita semua dalam melaksanakan tugas untuk menciptakan kebersihan lingkungan. Ini juga merupakan salah satu ekses dari komitmen kita dalam membentuk sistem sosial dalam menjaga keseimbangan lingkungan”, tutur Bupati pada acara yang juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Dessy Afriyanti Adipati dan Ketua Dharmawanita Vorian Melita Saipul.

Ditempat yang sama, mewakili sambutan Tokoh Masyarakat Ridwan Basyah, Ketua DPRD Nikman, S.H menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan Kabupaten Way Kanan khususnya Kecamatan Blambangan Umpu dalam meraih Penghargaan Adipura. Semoga ini menjadi langkah awal untuk terus semangat dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih, asri, nyaman dan indah, sehingga ditahun berikutnya dapat kembali meraih penghargaan tersebut.

”Terima kasih dan selamat untuk Kabupaten Way Kanan khususnya Kecamatan Blambangan Umpu atas diraihnya Penghargaan Adipura, semoga ini menjadi semangat baru dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman agar tahun berikutnya kembali dapat diraih penghargaan ini”, ujar Ketua DPRD Nikman yang dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitmen Peduli Lingkungan oleh Bupati, Wakil Bupati, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Tokoh Masyarakat serta penanaman 20 pohon penghijauan di depan Gedung Serba Guna Kabupaten setempat. (*)