Minta Disparbud Ikut Genjot PAD

0
77

LAMPUNG SELATAN – DPRD Lampung Selatan (Lamsel) mengaharapkan agar penghimpunan Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata dapat dimaksimalkan.

Ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi D DPRD Lamsel, Mohammad Akyas, saat rapat pembahasan Rencana Kerja Anggaran Perangkat Daerah (RKA-PD) tahun 2019 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), diruang Komisi D DPRD setempat.

“Berkaca dari Kabupaten Pesawaran, yang hanya menjual pantainya saja, sudah bisa menggenjot PAD. Seperti itu yang perlu dicontoh,” ungkap Akyas dalam rapat.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga memberikan contoh. Untuk menggenjot PAD, bisa dimulai dari bagi hasil tiket masuk destinasi wisata.

“Namun perlu diperhatikan lagi mengenai pegawai di pintu tiket masuk itu. Biasanya yang saya temukan saat mengunjungi wisata pantai di Lamsel, yang dibayarkan lima orang, namun tiket yang diberikan hanya satu lembar saja. Sesudah itu diperbolehkan masuk,” ungkapnya.

Berbeda halnya diungkapkan Sugiharti. Menurut politisi partai Hanura itu, keberadaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamsel seperti ada dan tidak ada. Sebab, selama ini legislatif menilai satker tersebut minim terobosan.

“Lampung Selatan ini berada dibagian pesisir Lampung dan memiliki pantai yang pesonanya cukup bagus. Namun, untuk pengelolaannya tidak maksimal,” ujar Sugiharti.

“Seharusnya dari destinasi wisata pantai saja kalau dikelola dengan baik, pasti bisa menunjang PAD dari sektor pariwisata. Seperti contoh, pantai Minang Rua di Bakauheni. Tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal didaerah lain, tapi karena kurang dikelola ya begitu-begitu saja,” imbuhnya.

Menambahkan pernyataan tersebut, Akbar Gemilang dari fraksi partai Golkar menyarankan agar Disparbud Lamsel menggandeng sejumlah pihak swasta dalam mempromosikan wisata di Lamsel.

“Kerjasama itu bisa dengan pihak perhotelan, perusahaan maskapai, penyedia jasa transportasi, supaya informasi mengenai potensi wisata di Lamsel bisa tersampaikan dengan masyarakat luas,” bebernya.