Pangdam II Sriwijaya Apresiaisi Pemkab Lamtim Usai Resmikan Kodim 0429

0
130

 

Lamtim, fajar-news.com– Setelah melalui berbagai proses dan tahapan, Komando Distrik Militer (Kodim) 0429 Lampung Timur (Lamtim), akhirnya terbentuk. Peresmian pembentukan satuan komando pembinaan dan operasional kewilayahan TNI Angkatan Darat itu dilakukan langsung Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Rabu (12/12/218).

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan mengatakan, pembentukan Kodim 0429 bertujuan memaksimal tugas-tugas pembinaan dan operasional TNI Angkatan Darat di wilayah Kabupaten Lampung Timur.

“TNI Angkatan Darat selaku alat pertahanan Negara memandang perlu memantapkan eksistensi komando pembina kewilayahan, khususnya di Kabupaten Lampung Timur,” kata Pangdam.

Pangdam menerangkan, pembentukan Kodim 0429 masih sangat relevan dan dibutuhkan sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas TNI Angkatan Darat menyikap perkembangan lingkungan strategis dengan kemungkinan ancaman aktual maupun potensial terhadap kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Pangdam, luas wilayah Kabupaten Lampung Timur yang mencapai lebih kurang 5.325,03 kilometer persegi dengan dinamika kehidupan Masyarakat yang sangat kompleks, tentunya menjadi tantangan bagi jajaran Kodim 0429 dalam melaksanakan pembinaan teritorial dan pembinaan kewilayahan.

Pangdam pun mengucapkan Terima kasih atas dukungan Bupati, DPRD Lamtim dan segenap jajarannya yang telah banyak membantu hingga berdirinya Kodim ini.

Karena itu, Pangdam berharap, prajurit TNI AD yang bertugas di Kodim 0429 dapat lebih maksimal, fokus dan efektif melaksanakan tugas pembinaan kewilayahan untuk mendukung kelancaran program pembangunan di Kabupaten Lampung Timur.

Senada, Chusnunia sangat bersyukur atas peresmian ini dan mengapresiasi jajarannya yang bahu membahu mulai dari penyediaan lahan hingga berdirinya Gedung ini.

“saya berharap sinergi positif antara Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, DPRD Dan Aparat Penegak Hukum dapat menjadikan Bumei Tuwah Bepadan Makin Maju, Unggul, Berdaya Saing Dan tentunya makin Aman dan Tertib,” ungkap Chusnunia.

Turut hadir pada peresimian Kodim tersebut, Kapolda Lampung Irjen Pol. Purwadi Arianto,Bupati Lamtim Chusnunia dan Wakil Bupati Zaiful Bokhari serta jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) setempat.

(*)