Pemberian Nama Taman Disesalkan Tak Sesuai Adat

0
268
Dok

PESAWARAN, fajar-news.com– Ketua adat Desa Kebagusan Pubian M Zen gelar Sutan Puhunan, menyesalkan adanya nama taman Sidototo yang ada di Dusun Sidototo Desa Kebagusan Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Pasalnya, pemberian nama tersebut dinilai kurang tepat dan tidak ada kordinasi dengan tetua adat Pubian.

“Kalau masih bisa di rubah tolong di rubah mumpung belum di resmikan Sebaiknya nama taman tersebut di sesuaikan dengan daerahnya atau alangkah baiknya jika berkoordinasi dulu dengan masyarakat kebagusan,” ujanrya, Selasa lalu.

Menurut M Zen, taman yang dibangun oleh pihak PRovinsi Lampung berada di Desa Kebagusan, yang penduduk aslinya adalah Lampung Pubian tentunya pemberian nama tersebut diikut sertakan.

Karena nama itu cikal bakal akan di pergunakan selamanya, bukan asal buat, memang dahulu lapangan tempat di buatnya taman tersebut kebetulan terletak di Dusun Sidototo tapi bukan berarti taman tersebut menjadi taman sidototo dalam pemberian nama taman.

“Sebaiknya yang bermakna sehingga akan lebih baik dan dapat di artikan, kalau nama taman itu baik dan bermakna bisa di kenal hingga ke anak cucu kita nanti, di samping itu kita ini kan berada di Lampung, sesuaikan dong dengan daerahnya bukan berada di pulau Jawa,” kata M Zen.

Lebih lanjut, selaku Ketua Penyimbang adat pepadun ini mengusulkan apabila diperbolehkan dengan usulan pihaknya yakni tamantersebut diberi nama Taman Andan jejama sesuai dengan Kabupaten Pesawran yag dikenal dengan nama Bumi Andan Jejama.

“Di samping itu Taman Andan Jejama bermakna taman bersama itu lebih baik dan lebih mengena, Andan Jejama yang bermakna kira-kira dengan bersama sama mari kita merawat memelihara dan menjaga agar dapat terpelihara dengan baik,” tukasnya.

Penulis :Rull
Editor : Rayendra