Pemkab Lampung Utara Lelang 10 JPTP Yang Masih Kosong

0
19

Lampung Utara, fajar-news.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) akan melaksanakan Lelang Seleksi Terbuka terhadap 10 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) yang hingga saat ini masih kosong.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Utara, Budi Utomo didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Abdurahman mengatakan, bahasa pelaksanaan seleksi terbuka ini berdasarkan ketentuan-ketentuan diantaranya yakni, UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), PP No. 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNS.

Kemudian lanjut Budi, ketentuan lainnya yakni Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) No. B/245/KASN/04/2020 tanggal 20 April 2020 dan Surat Kementerian Dalam Negeri, No. 800/1744/OTDA tanggal 26 Maret 2020 tentang Persetujuan Seleksi Terbuka JPTP Di Lingkungan Pemda Lampung Utara.

Kendati demikian, Budi mengaku, selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), pihaknya masih menunggu izin tertulis dari Mendagri dan KASN. Tentunya lanjut dia, hal ini setelah mendapatkan persetujuan dari Gubernur Lampung selaku Wakil Pemerintah Pusat.

” Dalam seleksi ini, Kami berupaya menerapkan sistem yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Budi Utomo. Rabu (22/4/2020).

Dijelaskan, Dalam seleksi terbuka ini nantinya akan diikuti oleh sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah memenuhi persyaratan. Lebih lanjut, jelas Budi, Seleksi ini akan diikuti oleh ASN berasal dari 15 Kabupaten/Kota dan Provinsi.

” Hasil seleksi terbuka ini nantinya diharapkan mendapatkan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang memiliki kualifikasi yang baik, kompetensi dan kinerja yang baik,” ujarnya.

Budi menegaskan, dalam hal ini dirinya tidak akan melakukan intervensi terhadap pelaksanaan seleksi terbuka ini.

” Saya tegaskan, dalam pelaksanaan Selter ini Saya tidak akan melakukan intervensi kepada siapapun,” tegas Budi.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Lampura, Abdurahman menjelaskan, terkait akan dilaksanakannya Selter ini Bupati Lampung Utara telah menerbitkan SK Bupati Lampung Utara, Nomor B/204/39-LU/HK/2020 tanggal 30 Maret 2020 tentang Penetapan Tim Seleksi dan Panitia Sekretariat Seleksi Terbuka.

Abdurahman memaparkan, dalam penetapan tim seleksi pihaknya telah menentukan beberapa nama yang ditunjuk sebagai panitia pelaksana seleksi terbuka diantaranya terdiri dari, Ketua Akademisi Unila, Budiono, Muhammad Abadi (Sekretaris/Profesional), Adi Erlansyah, (Inspektur Provinsi Lampung/Anggota), Ribhan, (Akademisi Unila) dan Dedy Hermawan (Akademisi Unila).

Kepada tim panitia pelaksana, Abdurahman berharap, agar melaksanakan tugasnya dengan profesional serta sesuai dengan aturan yang berlaku.

” Untuk itu kami tidak akan mengintervensi timsel, dan kami berharap tim dapat merekomendasi 3 nama untuk setiap jabatan yang diselter, ” tegasnya.

” Terkait dengan 10 JPTP yang akan diseleksi secara terbuka di lingkungan Pemkab Lampura akan diselaraskan dengan rekomendasi KASN dan Mendagri,” tegas dia lagi.

Abdurahman berharap, agar ASN yang berasal dari Pemda Kabupaten Lampung Utara yang telah memenuhi persyaratan, baik dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama , Pejabat Administrator ataupun Pejabat Fungsional, dapat mengikuti seleksi terbuka ini, bersama ASN dari Kabupaten/Kota lainnya.

Berikut 10 Jabatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lampura yang akan di lakukan seleksi Lelang JPTP :

Jabatan Sekretaris Daerah
Jabatan Kepala Bappeda
Jabatan Kepala Kesbangpol
Jabatan Kadis Perdagangan
Jabatan Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman
Jabatan Kadisdikbud
Jabatan Kadis Perpustakaan dan Arsip
Jabatan Kadiskominfo
Jabatan Kadis Lingkungan Hidup
Jabatan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan. (Hr).

Komentar Pembaca