Pemkab Minta Puskesmas Mengajak Masyarakat Berantas Sarang Nyamuk

0
126

Tulang Bawang, fajar-news.com– Di musim penghujan, masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang diimbau waspada terhadap bahaya penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk aedes aegypti.

Kepala Dinas Kesehatan Tulang Bawang Herry Novrizal mengatakan, untuk mengantisipasi mewabahnya penyakit DBD Bupati Tulang Bawang telah mengeluarkan surat edaran ke penyuluh Puskesmas.

“Kita sudah keluarkan surat edaran agar penyuluh Puskesmas mengajak masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk,” kata Herry,  Selasa (15/1).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang terdapat 17 kasus DBD yang menyerang masyarakat setempat sepanjang 2018.

Meski demikian, Herry mengaku belum menerima laporan terkait wabah DBD yang menyerang masyarakat.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya fokus pada pencegahan mewabahnya DBD dengan menggalakkan 3 M Plus yakni menguras tempat penyimpanan air, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang atau memamfaatkan kembali barang yang tidak terpakai.

Masyarakat juga diminta menghindari gigitan nyamuk pagi dan sore dengan menggunakan obat nyamuk, lotion, dan memakai kelambu.

Sementara itu, lanjutnya, untuk wilayah yang endemik DBD, pihaknya melalukan fogging. “Kita juga koordinasi dengan seluruh rumah sakit swasta dan RSUD Menggala, untuk memonitor kalau ada warga terserang DBD,” ujar dia. (*)