Pemkab Waykanan Berharap Pembangunan Dryport Secepatnya

0
112
foto; Humas Waykanan

WAY KANAN, fajar-news.com -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan mengharapkan agar pembangunan dry port jalur kereta api menuju Pelabuhan Panjang bisa terlaksana secepatnya. Ini mengingat intensitas pengiriman batu bara yang juga meningkat dan merupakan sebuah kebutuhan.

“Pemkab Way Kanan sangat mengharapakan secepatnya pembangunan dry port. Selain untuk meningkatkan perekonomian daerah, pembangunan ini juga memegang peran penting transportasi sebagai penunjang kemajuan peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar Wakil Bupati Way Kanan, Edward Antony, Selasa (16/10).

Melalui percepatan pembangunan dry port ini akan turut mempercepat faktor kemajuan lainnya, seperti industri, pariwisata, dan pertanian. Dengan dibagunnya dry port diharapakan dapat meningkatkan daya saing produk unggulan kawasan, meningkatkan pertumbuhan, mendorong peningkatan kerjasama pembangunan antar wilayah.

“Ini juga bisa mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya bagi peningkatan perekonomian, dan menciptakan pertumbuhan wilayah Kabupaten Way Kanan kedepan, yang berkesinambungan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” terang Edward.

Menurutnya, selain itu dengan pembangunan dry port hasil batu bara dapat diangkut melalui jalur kereta api. Dengan ini batu bara tidak perlu lagi melalui jalu darat, dikarenakan angkutan batu bara yang melalui jalur darat sering melebihi kapasitas beban jalan, yang mengakibatkan jalan rusak parah dan jembatan yang sudah jebol.

“Dengan dibangun nya dry port diharapkan dapat mengurangi kerusakan jalan di Way Kanan. Saat ini kami butuh komitmen bersama mewujudkan ini. Kami janjikan jika dry port bisa selesai dibangun tahun 2019 atau 2020, maka Bandara Gatot Subroto juga bisa selesai pada tahun yang sama,” katanya.

Penulis : Tar