Perbup Tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati Kepada Camat Dirapatkan

0
121

 

Waykanan, fajar-news.com– Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.I.P memimpin Rapat Koordinasi Pembahasan Draf Pedoman Pelimpahan Kewenangan dan Peraturan Bupati Tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat di Aula PKK Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Rabu (26/12/2018).

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs. Achmad Gantha, L’Ng.,M.M, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Abu Kori, kepala dan unsur Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Badan Pendapatan Daerah, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Organisasi, Bagian Hukum dan Camat se-Kabupaten Way Kanan.

Peraturan Bupati tentang Pedoman Pelimpahan Kewenangan Bupati Kepada Camat dibahas atas dasar pelimpahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tetang Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Peraturab Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terapadu Kecamatan, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pindu Daerah, dan Draf atau Rancangan Peraturan Mendagri tentang Tata Cara Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati / Wali kota kepada Camat dan Evaluasi Kinerja Kecamatan dan/atau kelurahan.

Konsep Dasar Pelimpahan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) pelimpahan sebagian kewenangan Bupati/Walikota kepada Camat diselenggarakan untuk mengoptimalkan peran kecamatan sebagai perangkat daerah kabupaten/kota sebagai pelaksana teknis kewilayahan serta pelaksana tugas pembantuan.

Urusan pemerintahan yang dapat dilimpahkan berupa pelayanan perizinan dan nonperizinan. Bidang perizinan yang terbuka peluang dilimpahkan kepada camat yaitu IMB Usaha Mikro dan Kecil, IMB Rumah Hunian skala kecil 200 – 500 meter persegi dan atau bertingkat, HO Usaha Mikro dan Kecil, IDP Usaha Mikro dan Kecil, SIUP, Rumpun Ijin Usaha. Iji Reklame Skala Kecil, Ijin Reklame Insidental non kontruksi seperti spanduk, leaflet.

Untuk Bidang Non Perizinan yang terbuka peluang dilimpahkan kepada Camat diantaranya Bidang Kependudukan, Bidang Restribusi dan Perpajakan, Bidang enyelenggaraan, Mitigasi dan Penanganan Bencana dan Bidag Pengelolaan Insfrastruktur.

Diketahui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) adalah penyelenggaraan pelayanan public di Kecamatan yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat melalui satu loket pelayanan. PATEN diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan kualitas pelayanan ini terutama terlihat dari aspek waktu dan biaya pelayanan. Melalui penyelenggaraan PATEN, lokasi kecamatan jelas lebih dekat relative mudah dijangkau masyarakat bila dibandingkan dengan ibukota kabupaten dan waktu yang diperlukan juga menjadi lebih efektif.

Selanjutnya, Kecamatan dapat menyelenggarakan PATEN setelah memenuhi sejumlah persyarata yaitu persayaratan subtantif, administrative dan teknis. Apabila ketiga persayaratan tersebut telah terpenuhi, maka Kecamatan itu dapat menyelenggarakan PATEN.(*)