Peringati Hari Jantung Sedunia, YJI Cabang Lamsel Gelar Lomba Senam Jantung Sehat

0
115
foto; Diskominfo Lamsel

Lamsel – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Lampung Selatan (Lamsel) menggelar lomba Senam Jantung Sehat dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jantung Sedunia tahun 2018, Sabtu (29/8/2018).

Lomba yang diikuti 100 kelompok senam dari dinas/instansi dilingkungan Pemkab Lamsel, kecamatan, serta KLub Jantung Sehat dan Klub Jantung Remaja se-Kabupaten Lamsel, dipusatkan di Lapangan Korpri Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Kegiatan yang disatukan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018, juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel, Ketua 3 YJI Pusat Sidi Hermanto, Fokorpimda Lamsel, Sekretaris Daerah beserta pejabat teras Pemkab Lamsel.

Ketua YJI Cabang Lamsel, Winarni Nanang Ermanto mengatakan, dengan diadakannya lomba Senam Jantung Sehat tersebut, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk gemar melakukan olahraga sebagai bagian dalam menjaga kesehatan.

“Senam Jantung sehat ini bertujuan untuk menyehatkan masyarakat diseluruh Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Winarni sesaat sebelumnya kegiatan lomba dimulai.

Lebih lanjut Winarni menjelaskan, sampai dengan September 2018, telah terbentuk Klub Jantung Sehat dan Klub Jantung Remaja sebanyak 353 klub, yang tersebar di 17 kecamatan se-Lamsel.

Dirinya juga berharap, seluruh instansi terkait maupun masyarakat dan Klub Jantung Sehat yang telah terbentuk, dapat membantu menyehatkan masyarakat dan menjadi pelopor kesehatan di Lamsel.

“Kami punya target sampai akhir Desember bisa terbentuk 500 KJS diseluruh wilayah Kabupaten Lampung Selatan,” katanya.

Winarni menambahkan, peringatan Hari Jantung Sedunia, merupakan kegiatan yang rutin dilakukan YJI Cabang Lamsel. Dengan tujuan, agar seluruh masyarakat tahu akan pentingnya kesehatan jantung.

“Tahun lalu kta laksanakan di Kecamatan Jati Agung. Alhamdulillah, tahun ini kita bisa laksanakan di Kota Kalianda,” begitu kata istri Plt. Bupati Lamsel ini.

Sementara, Ketua III YJI Pusat Sidi Hermanto menyampaikan, peringatan Hari Jantung Sedunia yang setiap tahun dilaksanakan, merupakan peringatan untuk meningkatkan kesadaran masayarakat tentang penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Kehadiran Yayasan Jantung ini merupakan salah satu imlpementasi untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit jantung dan pembuluh darah. Serta membantu melawan dan menurunkan beban penyakit secara global,” kata Sidi.

Adapun dalam kegiatan peringatan Jantung Sedunia yang mengangkat tema ‘My Heart Your Heart’ tersebut, juga digelar cek kesehatan gratis, cek tekanan darah gratis dan cek hypertensi (tekanan jantung) selama kegiatan berlangsung.

 

(/az/diskominfo)