Pesawaran Adakan Kontes Varian Durian

0
154

Pesawaran— Guna mensosialisasikan dan mendukung kearifan potensi unggulan buah durian lokal menjadi buah unggulan nasional, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pesawaran yang disponsori PT. Great Giant Foods (GGF), menggelar kontes buah durian lokal unggulan dengan 99 varian rasa di Lapangan Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan ini juga dalam rangka melestarikan pIasma nutfah tanaman durian yang menjadikan buah unggulan yang potensial dan bernilai ekonomis tinggi.

“Jumlah peserta untuk kontes buah durian ini sebanyak 79 perserta dari 11 Kecamatan, dengan 99 varian rasa juga  sekaligus untuk mensosialisasikan dan mendukung kearifan potensi unggulan buah durian lokal menjadi buah unggulan nasional,” kata Kadis Pertanian dan Peternakan Anca Martha utama, saat ditemui disela-sela lomba tersebut, Jum’at (25/01/2019).

Anca juga menjelaskan, penilaian yang dilakukan ini meliputi  tentang rasa terdiri dari manis, lemak rasa pahit dan keunikan rasa. ketebalan daging buah, warna, kadar air dan tekstur. Buah dan biji bentuk buah kepunuhan juring dan ukuran biji. Kulit warna kulit dan ketipisan dan aroma.

“Juri kontes durian ini kita ambil dari pihak PT. Great Giant Pineapple 2 orang, Ketua Yayasan Durian Nusantara 1 orang dan dari pihak kita  Dinas Pertanian 2 orang,” jelas Anca.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan agar kegiatan kontes buah durian ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, sehingga dapat menjadi ajang bergengsi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pesawaran.

Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu kabupaten di Lampung yang mengembangkan tanaman durian selain tanaman pisang, jeruk. Kelengkeng, alpukat dan manggis.

Durian turut menempati posisi sebagai komoditas hortikultura unggulan di Kabupaten Pesawaran yang keberadaannya layak diperhitungkan.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pertanian melakukan Kontes buah dalam rangka untuk mensosialisasikan dan mendukung kearifan potensi unggulan buah durian lokal menjadi buah unggulan nasional,” kata Dendi.

Dalam kesempatan tersebut Dendi menyebutkan, jumlah tanaman durian di Kabupaten Pesawaran saat ini mencapai 494.537 pohon, produksi 14,9 ton per musim tersebar di 11 kecamatan wilayah Kabupaten Pesawaran. Walaupun jumlah pohon durian di Kabupaten Pesawaran cukup banyak namun produksi dan kualitas masih rendah dan banyak pasokan dari daerah lain.

Hal ini disebabkan karena petani masih belum menggunakan teknologi budidaya yang tepat dan belum menggunakan varietas yang unggul dalam upaya meningkatkan produksi dan kualitas buah durian yang baik di Kabupaten Pesawaran perlu menghasilkan varietas unggul baru dengan cara mengeksplorasi varietas lokal dengan memanfaatkan plasma nutfah yang ada.

“Oleh karena itu perlu dilakukan pencarian calon kandidat tanaman induk yang unggul dalam hal umur, rasa dan aroma dan khas duren Kabupaten Pesawaran melalui kontes buah ini,” pungkasnya. (Dedi).