PMI dan Poliklinik Polres Lakukan kegiatan Donor Darah

0
25

Lampung Tengah, fajar-news.com – Ditengah merebaknya pandemik virus Corona (Covid-19) saat ini yang melanda dunia, Palang Merah Indonesi (PMI) bekerjasama dengan Poliklinik Polres Lampung Tengah, melaksanakan kegiatan donor darah untuk kesediaan stock darah PMI Lampung Tengah tetap ada agar darah di PMI Lamteng tidak menipis untuk memenuhi kesedian masyarakat yang akan membutuhkan, Kapolres Lampung Tengah AKBP I Made Rasma S.Ik., M.Si mengajak anggotanya untuk melaksanakan donor darah.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan darah ditengah hantaman isu Corona, sehingga Polres Lamteng menggelar Donor darah, “ungkap Kapolres Lampung Tengah AKBP I Made Rasma, di Gedung Sarpras Polres Lampung Tengah, Sabtu (11/4/2020).

Menurut Kapolres Lampung Tengah, sebenarnya banyak animo personil Polres Lamteng yang ingin mendonorkan darahnya, namun ada beberapa diantaranya ditolak setelah dilakukan pengecekan oleh tim medis kondisi kesehatanya tidak mendukung.

“Ada beberapa personil yang akan mendonorkan darahnya, namun setelah dicek, HB dan darahnya tinggi,” jelas Kapolres.

Ia, menerangkan ada 40 anggota Polres Lamteng yang mendonorkan darahnya, 7 orang perwira, dan 33 orang Bintara, kegiatan ini juga adalah merupakan kegiatan kemanusiaan yang dilakukan Polres Lampung Tengah dalam kepedulianny terhadap masyarakat yang membutuhkan darah dan kegiatan donor darah juga berkaitan dengan kegiatan kepolisian dalam hal ini Polres Lampung Tengah melaksanakan Ops Aman Nusa 2020 berdasarkan surat telegeram Kapolri nomor : ST/1127/KEP./2020, tanggal 07 April 2020 tentang pelaksanaan donor darah.

Kapolres berharap dengan dilakukanya donor darah oleh personil jajaran Polres Lamteng dapat membantu mengisi stok darah yang ada di PMI.

Kegiatan donor darah dari PMI dipimpim oleh dr. Easy Orient Dewantari bersama tim sebanyak sepuluh orang tenaga medis serta tim dari Poliklinik Polres Lampung Tengah Paurkes Diah Lukmana Sari, Amd. Keb bersama dr. King Caesar Marspratama, menyampaikan bahwa Untuk perlu diketahui juga donor darah ini sangat besar manfaatnya untuk menjaga kondisi tubuh kita diantaranya adalah untuk menjaga selalu sel-sel darah merah yang lama tergantikan dengan sel-sel darah baru dengan donor darah dan secara berkala donor darah si pendonor darah akan baik untuk kesehatannya karena secara tidak langsung sipendonor mengecek kesehatannya, pendonor darah secara tidak langsung sudah mengecek kesehatannya dalam mengantisipasi terindikasinya infeksi (Hepatitis B dan C, HIV serta Sipilis) dalam antisipasi kesehatan kita masing-masing dan pengecekan tersebut secara gratis, kondisi badan sipendonor darah akan lebih sehat dan bugar bila rutin secara berkala per-3 bulan sekali untuk donor darah. “Pungkasnya.

 “Semoga saja dengan donor darah yang kami lakukan mampu membantu warga yang membutuhkanya,

Kapolres juga menghimbau ditengah maraknya penyebaran Covid-19, warga harus selalu menerapkan pola hidup sehat, cuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak phycal/social distancing, berolah raga serta menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak keluar rumah bila tidak memiliki kepentingan yang diperlukan guna mengantisipasi penyebaran virus covid-19.

“Jangan lupa pakai masker bila keluar rumah” lebih baik dirumah saja. Karena itu salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19), pungkasnya. (Rhn)