PP dan KB Jemput Bola Dalam Pelayanan

0
542
foto; Ilustrasi/net

Tanggamus, fjar-news.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) kedepan akan jemput bola terkait program KB serta pelayanan dan penyuluhan reproduksi sehat disetiap pekon khususnya pekon yang letaknya jauh dari pusat pelayanan.

Kepala Dinas PP dan KB Edison mengatakan, pelayanan jemput bola di tiap pekon tersebut akan mulai digulirkan hal ini bertujuan agar masyarakat dapat merasakan pelayanan secara langsung tanpa harus mendatangi pusat pelayanan KB, yang mungkin aksesnya jauh, utamanya masyarakat yang berada diwilayah terpencil.

“Kalau selama ini, masyarakat yang ingin melakukan pelayanan yang datang. Tetapi saat ini tidak, justru petugas lapangan KB berkoordinasi dengan kesehatan yang jemput bola, ke pekon yang aksesnya jauh,” katanya, Kamis (11/10).

Dikatakannya, dalam program jemput bola tersebut selain pelayanan KB serta memberikan pemahaman pentingnya kesehatan reproduksi, juga akan dilakukan penyuluhan kepada masyarakat yang masih berkaitan dengan program KB serta hal lainnya. Program tersebut muncul karena menurutnya masyarakat yang ada diwilayah terpencil juga perlu dilakukan pemahaman sehingga apa yang menjadi program pemerintah dapat tercapai.

“Petugas PLKB, saat ini ada disetiap kecamatan. Dan mungkin tidak hanya menyasar pekon di kecamatan itu saja nantinya, tetapi juga bisa melakukan program jemput bola di pekon yang ada di kecamatan lain,” jelasnya.

Ditambahkannya, dirinya berharap melalui program tersebut, pelayanan di tingkat bawah dapat lebih terserap, disisi lain melalui program tersebut menurutnya pelayanan di masyarakat akan lebih cepat, sehingga muaranya apa yang menjadi program dapat tercapai, baik itu jumlah masyarakat yang ingin ikut serta program KB maupun jumlah masyarakat yang memahami arti penting dari program lainnya.

“Kalau dahulu, jumlah peserta hanya 100 misalnya bisa bertambah 200, dan kita harapkan program KB dan penyuluhan reproduksi sehat ini dapat lebih digaungkan lagi melalui program ini,” pungkasnya.

Penulis : Dik
Editor : Rayendra