SDN 1 Sidoarjo Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Lampung

0
150

Waykanan– Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Way Kanan Dwi Retno Handoyo, S.E., M.M, Minggu (27/01/2019) menghadiri  penghargaan Adiwiyata dan Kalpataru  Tahun 2019.

Acara yang berlangsung di aula Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung itu, Kabupaten Way Kanan melalui  SD Negeri  01 Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu  meraih Penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun 2018 yakni Sekolah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan Tingkat Provinsi Lampung.

Raihan Sekolah Adiwiyata tahun 2018 semakin menegaskan Kabupaten Way Kanan mampu berdaya saing dibidang kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan yang sehat, dimana sabelumnya Blambangan Umpu  meraih Adipura untuk Kategori Kota Kecil.

Untuk diketahui Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata menjelaskan bahwa sekolah adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dan program adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam upaya rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dahulu dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Program Adiwiyata juga  untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran  insan pendidikan  sehingga dapat  bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

(*)