Sekdaprov Fahrizal Hadiri Musrenbang Pesisir Barat

0
16

Bandar Lampung, fajar-news.com – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Lampung, menghadiri Musrenbang Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2020 dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021 melalui Virtual Meeting, di Ruang Command Center Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Selasa (14/4/2020).

Selain Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Kehutanan, serta perwakilan OPD di lingkungan Pemprov Lampung.

Maksud dan tujuan diadakannya virtual meeting ini diantaranya untuk membahas rancangan awal RKPD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2021 dan meningkatkan keterpaduan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan antara Kabupaten Pesisir Barat, Pemerintah Provinsi Lampung, dan Pemerintah Pusat.

Juga bertujuan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah yang terangkum dalam tema RKPD, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan dan target kinerja serta lokasi kegiatan dari masing-masing perangkat daerah, serta menyepakati program dan kegiatan yang akan diusulkan penganggarannya melalui APBN, Pemerintah Provinsi Lampung, dan Dana Alokasi Khusus.

Adapun fokus daftar usulan Musrenbang RKPD Kabupaten tahun 2020 antara lain, rehabilitasi jaringan irigasi primer dan sekunder Way Biha, normalisasi DAS Way La’ay, pemanfaatan bandara M. Taufik Kiemas, Pembangunan Dermaga Pulau Pisang, Rehabilitasi dan Operasional kawasan konservasi laut daerah, serta pendampingan Krui Pro Tanjung Setia 2021.

Dalam kesempatan itu, Fahrizal menyampaikan beberapa imbauan dari Gubernur Lampung yaitu bersama-sama membangun ketahanan Provinsi Lampung agar terhindar dari virus corona, mengimbau masyarakat untuk hidup sehat, memberi informasi kepada masyarakat jika mengalami demam dll segera periksakan diri ke pelayanan publik terdekat, melakukan tindakan inisiatif di dalam lingkungan masing-masing contohnya menunda perjalanan dinas apabila tidak terlalu penting, proses belajar mengajar siswa siswi harus tetap berjalan walaupun dari rumah dengan menggunakan sarana dan prasarana komunikasi, serta fokus memprioritaskan kebutuhan pokok dan kebutuhan energi.

Selanjutnya, Fahrizal Darminto mengungkapkan perihal ekonomi pada tahun ini yang akan mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19 dan karenanya anggaran pun harus siap untuk dicadangkan.

“Kondisi ekonomi mengalami keterlambatan, dana perimbangan mengalami penyusutan, pendapatan Provinsi dan Kabupaten Kota terganggu karena melakukan pembebasan pajak. Di tahun ini anggaran harus siap untuk dicadangkan. Jika ekonomi tahun ini menurun, tahun depan harus bisa bekerja keras meningkatkan ekonomi yang turun tahun ini,” ungkap Fahrizal.

Kemudian Fahrizal mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengimbau masyarakatnya untuk membuat Kartu Pra Kerja dengan mendaftarkan diri mereka secara mandiri atau online untuk memenuhi kuota dari Pusat sebesar 80 ribu. (Str/Kmf)