Selama Misa Natal, Gereja dan Tempat Ibadah di Wilayah Hukum Polres Tanggamus Aman

0
125

 

TANGGAMUS, fajar-news.com– Polres Tanggamus menyatakan kondisi misa Natal pada Senin (24/12) malam sampai Selasa (25/12) di Tanggamus dan Pringsewu aman.

Menurut Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si anggotanya berjaga di 97 gereja dan tempat ibadah yang digunakan untuk misa Natal. Rinciannya 45 gereja di Tanggamus dan 52 gereja di Pringsewu.

“Selama ibadah misa Natal kondisi gereja-gereja di Tanggamus dan Pringsewu aman. Jemaat bisa mengikuti misa dengan khusuk. Kemudian kondisi keamanan dan ketertiban daerah juga baik,” kata AKBP I Made Rasma, Selasa (25/12).

Kapolres mengaku anggota yang diterjunkan dari Polres Tanggamus dan polsek-polsek sesuai kewenangan wilayah hukumnya masing-masing. Selanjutnya mereka juga dibantu oleh anggota TNI, Dinas Perhubungan dan organisasi masyarakat.

“Pengamanan yang dilakukan secara terbuka dan tertutup. Pengamanan mulai dari pengaturan lalulintas sekitar gereja sampai penjagaan di dalam gereja,” tuturnya.

Kapolres menerangkan, setiap gereja bervariasi jumlah personil pengamanannya antara lima sampai 15 personil. Untuk gereja-gereja yang banyak jemaatnya memang penjagaan diperketat dengan personil yang lebih banyak, begitu sebaliknya.

“Kami selalu koordinasi dengan anggota yang ada di lapangan, dari sebelum mulai misa digelar sampai seluruh jemaat meninggalkan gereja. Dan itu harus dipastikan kondisi aman, apabila ada kejadian segera laporkan,” jelasnya.

Ia mengaku, dalam pengamanan ini melibatkan seluruh satuan mulai dari Satuan Lalulintas, Sabhara, Bina Masyarakat, Reskrim, Intelkam, dan lainnya. Kemudian polisi wanita (polwan) juga turut dilibatkan.

“Itu sebagai tindakan antisipasi, maka pastikan seluruh personil berjaga dan siaga. Tujuannya apabila ada pelaku kerusuhan bisa mengurungkan niatnya. Dan itu lebih baik daripada harus menindak secara hukum,” tegasnya.

Namun, selain konsentrasi pada gereja-gereja, anggota yang berjaga di posko Operasi Lilin juga tetap bersiaga. Mereka lebih fokus pada pengamanan jalan raya dan sebagai tambahan apabila ada kejadian di gereja.

Untuk posko Operasi Lilin Krakatau 2018 di Tanggamus ada tiga dengan kategori pos pengamanan yakni di Gisting, Kota Agung, Wonosobo. Lalu satu posko pelayanan di Pringsewu. Jumlah personil di posko total 350 orang, gabungan instansi terkait.

Sedangkan untuk hasil pengamanan libur Natal, situasi juga kondusif, tidak ada kecelakaan wisata karena kondisinya hari libur. Begitu pun kondisi lalulintas ramai lancar.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang menjaga keamanan dan ketertiban daerah secara bersama-sama. Sebab keamanan dan ketertiban bukan saja tanggungjawab aparat hukum tapi juga masyarakat,” pungkasnya. (*)