Siapkan RTH, Plt. Bupati Lamsel Tanam Pohon Ketapang Di GOR Way Handak

0
129
foto; Diskominfo Lamsel

Lamsel – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto melakukan penanaman pohon ketapang kencana di areal Gedung Olah Raga (GOR) Way Handak Kalianda, Kamis, (27/09/18) siang.

Diketahui sebelumnya, Nanang berencana menjadikan kawasan itu sebagai pusat pengembangan olahraga, sekaligus sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ramah anak dan menjadi rest area bagi pengendara yang melintas.

Mantan anggota DPRD Lamsel 2 periode ini pun menyatakan, kawasan yang sebelumnya kurang mendapatkan perhatian itu, akan disulapnya menjadi taman-taman hijau yang sedap dipandang mata.

“Kalau sepanjang jalan di areal GOR ini kita tanam pohon, kan kelihatan lebih sejuk dan hijau. Jadi, masyarakat yang ingin bermain kesini pun bisa lebih nyaman,” ujar Nanang.

Disamping itu, pada sisi kanan GOR tersebut, juga akan dijadikan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan atau event-event pemerintah kabupaten setempat, yang sifatnya melibatkan orang banyak.

Tak hanya itu, pemerintah setempat juga akan menjadikan kawasan itu sebagai lokasi kuliner. Mengingat lokasi GOR Way Handak yang berada di pinggir Jalan Lintas Sumatera, dapat menjadi area persinggahan bagi pengendara yang melintas.

“Kan enak kalo ada pohon-pohon gini, adem ngeliatnya. Jika sudah bagus nanti, saya yakin wisata kulinernya juga akan hidup disini” ungkap Nanang.

Sementara, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Zulvina Hariani menuturkan, dipilihnya pohon ketapang kencana, karena cocok dengan lokasi GOR Way Handak yang berada di pinggir jalan.

“Tanaman yang memiliki nama latin Terminalia Mantaly ini, memiliki dahan yang banyak dan bercabang, dan berbentuk seperti payung. Sehingga dapat menjadi penyaring sinar matahari pada siang hari,” katanya.

“Pohon ini juga memiliki daun yang berwarna merah dan hijau, sehingga sedap dipandang oleh mata,” ujar Zulvina menambahkan.

 

 

(/az/kds/diskominfo)