Simpul Literasi Melalui Wabinar

0
1

Tanggamus, fajar-news.com – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, yang juga Bunda Literasi Kabupaten Tanggamus, mengikuti Webinar (Web Seminar) Simpul Literasi Provinsi Lampung yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Kamis (11/06/20).

Webinar yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut, menghadirkan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim sebagai Keynote Speaker, serta diikuti juga oleh Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung Dr. H. Dalman, M.Pd., Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, Komisioner KPUD Lampung, Anggota DPRD Privinsi Lampung, Tokoh Muda Muhammadiyah Lampung, Puteri Buku Indonesia, ratusan Relawan dan Pejuang Literasi dari dalam dan luar Provinsi Lampung.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. KH. Mukri, M.Ag., dalam kesempatannya membuka Webinar tersebut, menyampaikan bahwa budaya literasi sangat penting sekali, terlebih bagi umat Islam. “Karena dalam Islam itu dapat dilihat dari surat pertama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammadi SAW, yakni Surat Al Alaq ayat pertama yakni Iqro’ artinya bacalah. Merujuk arti tersebut kita ditekankan untuk selalu sadar berliterasi oleh Allah SWT,” katanya.

Selanjutnya Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim mengharapkan agar Budaya Literasi dapat lahir dan tumbuh dari jiwa warga sendiri dan bukan dipaksakan. “Pemerintah dalam hal ini mendorong terus budaya literasi karena dari situ semua informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dapat didapat yang pada akhirnya dapat memacu kreatifitas untuk mencapai kesejahteraannya,” ujarnya.

Sementara itu, dalam presentasinya, Hj. Dewi Handajani menyampaikan bahwa sejak dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Tanggamus oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Bapak M. Syarif Bando, pada tanggal 20 Januari 2020. Sebagai Bunda Literasi, beliau memiliki tanggung jawab sebagai mitra utama dalam upaya memajukan Gerakan Literasi Nasional di Kabupaten Tanggamus dan mewujudkan Kabupaten Tanggamus sebagai Kabupaten Literasi.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan program kerja yang telah dibuat untuk menjadikan literasi mudah didapat, cepat dan menyenangkan. (Fzr)

Komentar Pembaca