Tercatat Enam Gunung Berapi di Indonesia Tengah ‘Bangun Dari Tidur’

0
21

Indonesia, fajar-news.com – Erupsi rupanya tak hanya terjadi pada Gunung Anak Krakatau saja. Saat ini tercatat paling tidak enam gunung berapi di Indonesia tengah ‘bangun dari tidur’ alias tengah aktif. Mulai dari Gunung Kerinci yang berada di wilayah Sumatera Barat hingga Gunung Dukono di Maluku Utara.

Dari tampilan MagmaIndonesia, Sabtu 11 April 2020, selain Gunung Anak Krakatau, tercatat ada lima gunung berapi lain yang tengah aktif. Kelimanya yakni Gunung Kerinci (Sumbar), Gunung Merapi (Jawa Tengah), Gunung Semeru (Jawa Timur), Gunung Ibu dan Gunung Dukono di Maluku Utara. Semuanya dalam status waspada atau level II.

Sebelumnya, Jumat malam 10 April 2020 kemarin, Gunung Anak Krakatau dikabarkan mengeluarkan dentuman. Bahkan, beberapa laporan dari netizen, dentuman kembali terdengar hingga wilayah Jakarta dan Bogor pada Sabtu dini hari. Banyak yang melaporkan dentuman dari Gunung Anak Krakatau.

Namun menurut Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan membantah jika dentuman yang terdengar hingga wilayah Jakarta pada dini hari ini berasal dari Gunung Anak Krakatau. “Bukan dari Gunung Anak Krakatau karena harusnya miskin gas dan lebih bersifat aliran,” katanya.

Yang membuat netizens bingung, dentuman itu masih sesekali terdengar hingga saat ini. Hingga saat ini redaksi terus mencoba memastikan sumber dentuman yang banyak didengar warga Jakarta dan sekitarnya tersebut.
(sumber : viva)