Tim KPH XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang-Batu Serampok Tanam Pala

0
227

 

Lamsel, fajar-news.com– Tim KPH XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang-Batu Serampok melaksanakan penanamana bibit pohon Pala sebanyak 500 batang bersama dengan masyarakat di areal hutan lindung Register 3 Gunung Rajabasa, Rabu (19/12).

Penanaman abibit pohon pala tersebut di areal sekitar sumber mata air Way Pekhtung, tepatnya berbatasan langsung dengan Desa Padan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).
Areal yang juga termasuk izin pengelolaan Hutan Desa Padan tersebut ditanam dengan jenis kayu MPTS (Multi Purpose Tree Species).

“Tujuannya agar ketika tanaman sudah tumbuh besar Batang kayu dan akar kayunya bisa berfungsi ekologis untuk penyerapan air, sedangkan hasil buah palanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan ekonomi masyarakat agar dapat meningkatkan kesejahteraan,” Kepala KPH XIII Lampung Wahyudi Kurniawan, S. Hut.

Dirinya menambahkan, selain itu juga tujuan penanaman ini adalah demi menghijaukan kembali areal sekitar sumber mata air agar ketersediaan cadangan air di bawah tanah bisa tetap terjaga dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk masyarakat sekitar hutan maupun masyarakat di desa-desa yang berada di bawah dan juga sekitar kaki gunung Rajabasa.

“Penanaman ini melibatkan 20 personil Resort 1 Gunung Rajabasa di KPH XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang-Batu Serampok dan juga sekitar 10 orang masyarakat sekitar yang juga merupakan pengurus dan anggota LPHD (Lembaga Pengelola Hutan Desa) Padan,” tukasnya.

Penulis : Rayendra